Wajib Tahu! Manfaat Skipping untuk Tubuh

Jenis Gerakan Plank Buat Kamu Yang Masih Pemula

Siapa nih diantara kamu yang saat ini sedang mengalami kondisi perut buncit, punggung terasa sakit, otot lemah dan kurang lentur?

Nah, buat kamu yang resah karena beberapa kondisi seperti diatas tak perlu khawatir karena semua itu bisa diatasi dengan rutin melakukan olahraga plank.

Sudah pernah dengar belum mengenai olahraga plank? Jadi plank pada umumnya merupakan jenis olahraga yang disering dilakukan untuk membentuk otot perut (Abs).

Namun diluar dari itu semua, ternyata plank juga menjadi sebuah dasar untuk melakukan latihan-latihan lainnya seperti push-up, burpee, dan terutama yoga. Oleh karena itu, plank adalah salah satu gerakan yang tepat untuk mengawali program diet dan latihan mu untuk memiliki tubuh yang ideal, sehat dan kencang.

Lantas, sudah tahu belum jenis gerakan plank yang dapat kamu lakukan bagi yang masuk termasuk kedalam golongan pemula? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya, yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Jenis Gerakan Plank Buat Kamu Yang Masih Pemula

1. High Plank

High plank atau full plank adalah posisi pengikatan yang paling tradisional. Letakkan  telapak tangan Anda di lantai dan tepat di bawah bahu Anda. Dukung tangan dan kaki Anda, angkat lutut dan tarik perut ke atas. Saat melakukan plank, bayangkan  ada garis lurus  dari atas kepala hingga ujung kaki yang harus Anda pertahankan. Pastikan kepala Anda tidak melihat ke atas, punggung Anda tidak melengkung dan perut Anda tidak turun.

Pertama-tama ukur kemampuan Anda untuk tetap dalam posisi ini selama beberapa waktu (misalnya 10-15 detik), kemudian istirahat selama beberapa detik dan ulangi. Anda dapat secara bertahap meningkatkan waktu.

2. Knee Plank

Jika Anda kesulitan melakukan high plank, Anda bisa memulainya dengan variasi high plank, yang disebut juga dengan knee plank. Seperti namanya, latihan ini berarti Anda harus fokus pada otot lengan dan lutut sambil menjaga tubuh tetap lurus.

3. Elbow Plank

Posisi ini lebih sulit dibandingkan high plank, karena kemampuanmu untuk mempertahankan badan yang datar atau tidak melengkung ke atas atau turun ke bawah benar-benar akan diuji. Latihan elbow plank bertumpu pada lengan bawah dan lutut. Kamu bisa meletakkan kedua telapak tanganmu rata dengan lantai atau seperti ilustrasi di atas.

4. Elbow Plank with Raised Leg

Susahkah? Gak kok. Kalau kamu sudah lolos elbow plank, maka kamu akan dapat dengan mudah mempertahankan posisi ini. Latihan ini merupakan modifikasi dari elbow plank dengan ditambahi "bumbu-bumbu" keseimbangan. Yup, selain harus mempertahankan badan yang datar dan lurus, kamu juga harus bisa mempertahankan badanmu tetap stabil dengan bertumpu pada 1 kaki secara bergantian. Dijamin setelah ini kamu bakalan mandi keringat!

5. Elbow Side Plank

Mulailah dengan posisi siku, lalu angkat tubuh ke sisi lain hingga Anda bertumpu pada salah satu lengan bawah dan satu kaki. Lakukan ini secara bergantian ke sisi yang lain. Daya tahan dan keseimbangan tubuh berperan penting dalam posisi ini.

Jika Anda tidak dapat mempertahankan posisi ini sepenuhnya, Anda dapat mengubahnya dengan mengubah posisi awal menjadi meja tinggi, meletakkan tangan (bebas) di pinggang atau meletakkan kaki di lantai. Ingatlah untuk selalu berlatih dengan kemampuan terbaik Anda.  

Ini adalah beberapa variasi gerakan papan yang terbaik untuk pemula. Setelah Anda menguasai semuanya, Anda dapat melanjutkan ke latihan yang lebih sulit (menengah dan ahli).

Komentar