6/recent/ticker-posts

5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun ke Atas

 


Olahraga merupakan salah satu cara untuk tetap sehat dan memiliki kebugaran jasmani yang baik. Namun, setelah usia 40 tahun, gerakan sering terasa lamban.

Padahal, olahraga sangat penting dilakukan di atas usia 40 tahun saat berat badan mulai menumpuk.

Jenis dan intensitas olahraga yang cocok untuk orang di atas 40 tahun tidak sama dengan orang muda pada umumnya. Harus memilih aktivitas fisik yang aman untuk menghindari kemungkinan cedera. 

Durasi olahraga untuk orang yang berusia di atas 40 tahun tidak jauh berbeda dengan kebanyakan orang. Olahraga ringan dapat dilakukan selama 30 menit atau lebih dalam sehari. Jika anda membutuhkan olahraga berat, seperti jalan kaki atau jogging, lakukan hanya 15 menit sehari.

Jadi olahraga apa yang cocok untuk orang berusia di atas 40 tahun? Berikut adalah olahraga yang berbeda:

1. Yoga


Yoga dapat membangun dan mempertahankan kekuatan otot. Yoga juga membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

Olahraga pada usia 40 dapat lebih menurunkan tekanan darah dan mencegah serta mengurangi depresi.

2. Spin


Latihan ini sangat berguna ketika anda tidak ingin meregangkan otot dan persendian anda. Jenis latihan ini tidak hanya membantu jantung anda, tetapi juga membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat.

Orang di atas 40 tahun pada program penurunan berat badan dapat mencoba spin selama setidaknya 30 menit tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Pilates


Pilates juga merupakan salah satu pilihan olahraga terbaik bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun. Jika anda merasakan sakit di sekujur tubuh, cobalah untuk mengikuti kelas Pilates. Manfaat Pilates membantu memperkuat otot yang lemah dan mencegah cedera.

Pilates juga bagus untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul serta mengurangi nyeri punggung.

4. Bersepeda


Bersepeda adalah pilihan olahraga yang bagus untuk mereka yang berusia di atas 40 tahun. Kegiatan ini juga sangat menyenangkan dan bisa dilakukan bersama-sama.

Yang terpenting adalah jangan berlebihan saat berkendara. Ketahui apa kemampuan fisik anda.

Pemula memulai dengan perjalanan jalan datar pendek selama 15-20 menit. Setelah anda terbiasa, anda hanya dapat meningkatkan durasinya secara perlahan.

5. Berjalan Kaki


Berjalan adalah yang termurah, termudah, dan bisa dilakukan kebanyakan orang. Ini menjadikan aktivitas fisik ini sebagai pilihan ideal sebagai olahraga bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Jalan kaki tidak hanya bisa membakar kalori, tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki mood. Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga ringan. Orang yang berusia di atas 40 tahun dapat berjalan setidaknya 30 menit sehari dan lima kali seminggu.

Nah, untuk kalian yang suka jalan santai sambil mendengarkan musik, ada rekomendasi lagu dari Setia Band - Cinta Tak Harus Memiliki, lagu santai yang nyaman didengar. Selamat mencoba ya.


Posting Komentar

0 Komentar