6/recent/ticker-posts

Rekomendasi Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat bagus untuk dilakukan.Bukan hanya orang dewasa saja, melainkan bermanfaat untuh tumbuh kembangnya anak.Olahraga memiliki manfaat untuk melatih fisik anak dan memberi manfaat baik secara mental maupun sosial.Selain daripada itu, olahraga juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga kebugaran jasmani anak tetap stabil.

Para ahli mengatakan, anak yang gemar melakukan olahraga akan lebih cerdas dibandingkan anak yang tidak berolahraga. Karena, olahraga dapat menganjarkan anak dalam konsentrasi pada tugas dan dapat mengatur waktu secara efektif. Selain itu, dengan melakukan olahraga sejak dini dapat membiasakan si anak untuk melakukan olahraga sampai ia dewasa.

Banyak diantara orang tua, yang tidak tau apa manfaat olahraga pada anak usia dini. Sehingga, orang tua tidak mengajarkan anak mereka untuk melakukan olahraga.Para ahli mengatakan, disetiap anak harus melakukan olahraga paling sedikit selama 60 menit untuk melatih fisik mereka. Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh anak jika anda melatih mereka olahraga sejak dini adalah dapat menghindari penyakit obesitas saat ia besar nanti. 

Namun, banyak orang tua yang masing bingung olahraga apa yang baik bagi usia dini? Dalam aktikel ini,mari kita bahas olahraga apa saja yang baik dilakukan oleh anak usia dini. Berikut ini jenis olahraga yang bisa anda ajarkan kepada anak sejak usia dini:

1. Sepak Bola

Rekomendasi Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Pada umumnya, olahraga ini digemari oleh semua kalangan.Baik orang dewasa, maupun anak-anak sangat menyukai olahraga ini karena, memilki manfaat yang baik untuk tubuh.Manfaat bagi tubuh anak jika melakukan olahraga sepakbola ini adalah dapat melatih fisik dan mental. Contoh manfaat yang dapat dirasakan anak yakni, meningkatkan daya tahan kardiovaskular,  memperkuat otot, tubuh akan semakin fleksibel, dan mengkontrol berat badan . Sedangkan, dilihat dari manfaat mentalnya yakni, anak dapat belajar disiplin, sportive, dan dapat bekerjasama dengan tim.

2. Senam Atau Gimnastik

Rekomendasi Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Olahraga yang selanjutnya adalah senam atau sering disebut gimnastik.Gerakan ini merupakan gerakan dasar pada olahraga seperti, gerakan melompat, berguling, mengayunkan tubuh, dan membalikkan badan.Adapun manfaat bagi anak jika melakukan kegiatan ini adalah dapat melatih kekuatan dan kelenturan tubuh dan stamina anak dapat berkembang dengan baik.Selain daripada itu, kegiatan ini juga mampu melatih keseimbangan tubuh anak agar tidak mudah terjatuh.Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapapun yaitu bagi anak perempuan dan laki-laki.Lakukanlah kegiatan ini secara rutin kepada anak anda, agar dapat menghasilkan hasil yang baik.

3. Berenang

Rekomendasi Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Olahraga berenang merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat seperti, melatih pernapasan dan baik untuk kesehatan jantung.Oleh karena itu, olahraga ini dapat kita ajarkan sejak dini kepada anak karena, dapat menambah keahlian anak tentang keamanan di air.Selain daripada itu, berenang juga dapat mengatur stamina, mengatur pernapasan dan kerja otot tubuh.Jika, anak anda pengidap penyakit asma, olahraga ini sangat disarankan untuk anda ajarkan kepada anak anda, karena latuhan ini dapat melatih paru-paru dengan maksimal.

4. Bersepeda

Rekomendasi Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak adalah bermain sepeda.Ternyata, bermain sepeda merupakan salah satu olahraga yang sangat baik dalam perkembangan anak.Karena olahraga bersepeda ini memiliki manfaat untuk melatih tubuh agar tetap seimbang, melatih kekuatan kaki, dan dapat melatih otot jantung anak agartetap sehat.Namun demikian, sebagai orang tua anda harus menggunakan pakaian olahraga bersepeda kepada anak anda.Untuk, menghindari anak dari bahaya yang mengakibatkan cedera.

5. Inline Skate

Rekomendasi Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Inline skate merupakan salah satu olahraga yang dilakukan berjalan dengan menggunakan sepatu roda.Olahraga ini sangat digemari oleh anak-anak karena, dapat menyenangkan si anak.Olahraga ini memiliki manfaat dalam melatih motorik si anak, menjaga keseimbangan tubuh, melatih koordinasi otot, menjaga kesehatan jantung, dan melatih kekuatan otot.Namun, olahraga ini dilakukan dengan bantuan orang yang profesional dibidangnya.Selain itu, sebelum melakukan kegiatan ini, pastikan anak anda menggunakan semua alat pengaman seperti, bantalan siku, helm dan bantalan lutut. Agar, dalam melakukan kegiatan anak akan terhindar dari cedera. 

Itulah jenis olahraga yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini.Agar anak tetap semangat dalam melakukan olahraga.Gunakanlah pakaian olahraga yang sesuai atau menarik untuk membangkitkan semangat anak.

Nah, demikianlah artikel mengenai rekomendasi olahraga untuk anak usia dini , kamu juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin guys, selamat membaca ya.

Posting Komentar

0 Komentar