6/recent/ticker-posts

BAB Berdarah? Simak Pilihan Olahraga yang Aman Bagi Penderita Ambeien


Ambeien atau wasir terjadi saat pembuluh darah di sekitar anus meradang karena tekanan. Beberapa faktor, seperti duduk terlalu lama di toilet atau kehamilan, dapat menyebabkan tekanan ini.

Gejala umumnya termasuk gatal, rasa panas, dan nyeri di area anus. Kadang-kadang, ambeien juga bisa menyebabkan BAB Berdarah.

Meskipun umum terjadi pada orang dewasa, ambeien bisa diobati dan dicegah. Salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit ini adalah melalui olahraga. Berikut beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk mencegah ambeien.

Meskipun demikian, bagi penderita ambeien, olahraga tetap disarankan agar tidak mudah kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pertanyaannya, jenis olahraga apa yang cocok untuk ambeien?

Ambeien atau hemoroid adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus melebar. Mereka yang mengalami kondisi ini sering kesulitan dalam bergerak, berdiri, duduk, atau bahkan berjalan.

Karena itu, sebagian orang dengan ambeien enggan untuk melakukan olahraga. Padahal, pilihan olahraga yang sesuai bisa membantu mengurangi gejala yang parah dan bahkan mencegah ambeien kembali muncul di masa mendatang.

Pertanyaannya, seperti apa olahraga yang baik untuk ambeien? Apakah olahraga ini benar-benar aman dan terbukti mampu mengendalikan penyakit tersebut?

Olahraga Aman untuk Penderita Ambeien


Penderita ambeien masih bisa berolahraga, asal menghindari gerakan yang memberi tekanan berlebih pada tubuh. Menurut dr. Devia Irine Putri, ada beberapa jenis olahraga yang cocok bagi penderita ambeien:

Yoga

Yoga bisa membantu melancarkan aliran darah dan merelaksasi otot di seluruh tubuh, termasuk di area Sphincter ani, yang terletak antara ujung usus dan kulit di sekitar anus. Dengan bimbingan instruktur yang ahli, yoga dapat membantu meredakan keluhan ambeien dan mengurangi risiko kambuh di masa depan.

Aerobik

Melakukan senam aerobik secara teratur bisa menjaga pergerakan usus tetap normal dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga aliran darah ke area anus menjadi lebih lancar. Hal ini membantu mencegah konstipasi, yang merupakan salah satu faktor risiko ambeien.

Senam Kegel

Senam Kegel tidak hanya menguatkan otot di pelvis dan panggul, tetapi juga mengurangi tekanan pada bagian bawah tubuh. Anda dapat melakukannya dengan mengidentifikasi otot panggul bawah, yang dapat dilakukan dengan menghentikan keluarnya urine saat buang air kecil. Gerakan ini membantu mengurangi tekanan pada area ambeien.

Sebelum berolahraga, penting untuk melakukan pemanasan dan pendinginan agar otot rileks dan mencegah cedera. Mulailah olahraga dengan perlahan dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap. Lakukan olahraga selama 20-30 menit sehari. Jika gejala ambeien terasa sangat mengganggu, lebih baik menunda olahraga untuk saat itu.

Dalam kasus ambeien yang sudah parah dan membuat penderitanya kesulitan bergerak, pertolongan medis menjadi satu-satunya solusi. Salah satu terapi yang mungkin dilakukan untuk mengatasi ambeien parah adalah melalui operasi.

Jika ingin menjalani olahraga untuk ambeien, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting agar terhindar dari risiko dan untuk meraih manfaat optimal sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar