6/recent/ticker-posts

Olahraga Untuk Menguatkan Tulang

Olahraga Untuk Menguatkan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sangat disarankan untuk dilakukan terutama bagi anda yang sudah menginjak usia 20an. Kepadatan tulang akan mengalami penurunan sesuai dengan bertambahnya usia anda. Saat kita masih muda, tulang masih dalam keaadan kuat dan padat sehingga, mampu bergenerasi dengan cepat. 

Namun, seiring bertambahnya usia kekuatan tulang akan mulai menurun karena, tulang lama tidak akan berganti dengan tulang baru dan tidak lagi tumbuh. Akibatnya, tulang akan menjadi keropos dan melemah.

Melakukan olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang. Aktivitas olahraga memiliki manfaat untuk pembentukan otot. Semakin sering kita melakukan olahraga, semakin kuat pula otot yang dimiliki tubuh. Semakin kuat berat beban yang ditanggung otot, maka tulang akan menjadi kuat. Tulang akan beradaptasi dengan membuat sel baru sehingga kepadatan tulang bertambah dan tulang menjadi kuat. 

Lantas banyak diantara kita yang belum mengetahui olahraga apa saja yang dilakukan untuk menjaga tulang tetap kuat. Berikut ini penjelasannya.

Olahraga Untuk Menguatkan Tulang

Olahraga Untuk Menguatkan Tulang

1. Bersepeda

Olahraga yang pertama sekali disarankan untuk menyehatkan tulang adalah bersepeda.Kegiatan ini merupakan kegiatan yang menyehatkan dan juga menyenangkan. Ketika anda bersepeda, otot-otot kaki akan menjadi kuat. 

Bersepeda dilakukan dengan cara menyayuh sepeda, secara otomatis kegiatan tersebut dapat meningkatkan kekuatan tulang pada depan dan paha belakang serta dapat menguatkan sendi-sendi lutut. Lakukanlah kegiatan ini selama 30 menit dalam satu hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Jogging

Jongging merupakan salah satu olahraga yang santai dan dapat dilakukan oleh semua kalangan.Meskipun olahraga ini merupakan olahraga yang sederhana, namun kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah  untuk menjaga kekuatan tulang. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin setidaknya 4 jam dalam satu minggu. Olahraga joging mampu menurunkan resiko patah tulang pinggul sebesar 41 %. Nah, pasti banyak diantara kalian yang suka jogging sambil mendengarkan musik bukan ? rekomendasi nih lagu santai yang enak didengar yaitu lagu dari Setia Band - Cinta Tak Harus Memiliki.

3. Golf

Golf merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh orang banyak. Olahraga ini dilakukan dengan cara mengayunkan stik golf dan memukul bola. Kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi otot pinngul dan tulang belakang. Mengejar bola golf  ke titik berhentinya juga mampu memperkuat otot-otot tulang belakang anda . 

4. Menari

Menari memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena, kegiatan ini melibatkan semua otot dan anggota tubuh anda dan juga membuat jantung ikut terpompa.Salah satunya manfaat yang dapat anda rasakan dari kegiatan menari adalah menjaga kesehatan tulang.Jenis tarian yang dapat anda lakukan adalah salsa, samba, zumba, dan tango, karena kegiatan ini dapan membuat jantung memompa lebih keras dan membangun tulang agar tetap kuat melalui gerakan dan langkah yang bervariasi.Lakukanlah kegiatan ini secara rutinagar mendapatkan hasil yang baik.

5. Hiking

Bagi anda yang gemar menjelajahi alam dengan berjalan kaki pastinya sangat menyukai olahraga hiking.Ternyata olahraga ini, bermanfaat untuk menguatkan kekuatan tulang dan dapat menghilangkan pemikiran stres karena melihat pemandangan yang indah.Berjalan yang dilakukan ditempat yang menanjak kemudian menurun, mampu meningkatkan kepadatan tulang terutama pinggul.

6. Olahraga Raket

Olahraga raket merupakan olahraga yang dilakukan dengan mengayunkan tangan sehingga , memiliki manfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Setiap anda mengayunkan raket , gerakan ini dapat menekan lengan, pergelangan tangan, dan bahu. Semakin sering anda melakukan kegiatan ini maka, tulang anda akan menjadi kuat.

7. Latihan Kekuatan 

Pada umumnya, latihan kekuatan dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, memperkuatkan sendi dan memperkuatkan stamina. Maka dari itu, olahraga ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang anda.Cara melakukan kegiatan ini adalah dengan mengangkat beban, menggunakan alat berat yang tersedia di tempat pusat kebugaran atau sering disebut gym.Lakukanlah kegiatan ini, setidaknya dua kali seminggu untuk merangsang pertumbuhan tulang.

Itulah penjelasan tentang olahraga yang dapat anda lakukan dalam menjaga kesehatan tulang anda. Namun, apabila anda mengalami nyeri sendi ketika melakukan olahraga tersebut ,  segeralah melakukan penanganan dengan mengoleskan obat pereda nyeri. 

Posting Komentar

0 Komentar