6/recent/ticker-posts

Jenis Olahraga Dirgantara, Berani Coba ?


Dirgantara adalah satu olahraga dari banyaknya olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat. Olahraga ini termaksuk olahraga yang paling mahal karena memakai alat khusus yang sulit dibuat orang yang tidak profesional.

Dirgantara sering disebut dengan aero sport yang cara melakukannya adalah dengan menerbangkan drone dengan baling-baling kipas angin.

Kira- kira apa sajakah jenis olahraga dirgantara yang bisa kita coba ?berikut penjelasnnya

Jenis Olahraga Dirgantara, Berani Coba ?

1. Aeromodelling

Jenis Olahraga Dirgantara, Berani Coba ?

Salah satu jenis olahraga dirgantara yang memerlukan biaya yang cukup mahal karena memiliki mesin yang sulit didapatkan dan memiliki usaha agar mampu menerbangkannya.

Namun demikian tidak sedikit dari kita masyarakat di indonesia yang berminat melakukan kegiatan ini. Bahkan di indonesia sudah memiliki komunitas Aeromodelling. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menerbangkan pesawat model.

2. Paralayang

Jenis Olahraga Dirgantara, Berani Coba ?

Kegiatan paralayang ini adalah kegiatan olahraga terbang bebas dengan menggunakan bantuan alat yang dinamakan sayap kain dan lepas landas menggunakan kaki .kegiatan ini dilakukan dengan memeliki beberapa tujuan yakni sebagai rekreasi atau kompetisi.

Ketika melakukan olahraga ini dibutuhkan mental yang sangat kuat karena olahraga ini dilakukan dengan terjun dari bukit atau gunung dan memerlukan bantuan angin untuk terbang.

3. Terjun Payung

Jenis Olahraga Dirgantara, Berani Coba ?

Kegiatan ini hampir mirip dengan paralayang namun perbedaannya terjun payung dilakukan dari dalam pesawat kecil yang sedang lepas landas.

Kegiatan ini memerlukan bantuan alat yang disebut parasut dan disimpan didalam punggung kemudian akan mengembang ketika terjun.

Kegiatan ini harus dilakukan dengan adanya kesiapan mental dan pelatih yang sudah profesional. Pelatih akan mengaba-abakan kapan kita harus melompat dari pesawat kecil.

4. Terbang Layang

Jenis Olahraga Dirgantara, Berani Coba ?

Kegiatan terbang layang pada umumnya kegiatan yang dilakukan dalam berkompetensi atau rekreasi yang melibatkan seseorang untuk menerbangkan sebuah pesawat yang tidak memiliki tenaga atau sering disebut pesawat pelayang. Cara kita melakukan kegiatan ini adalah menerbangkan pesawat tanpa mesin yang lebih berat daripada angin dan memerlukan gravitasi dalam penerbangannya .

5. Gantole

Olahraga yang selanjutnya adalah gantole. Kegiatan ini sering disebut olahraga angin karena cara melakukannya memerlukan angin.

Kegiatan ini salah satu olahraga udara dengan pesawat ringan tanpa mesin yang dilakukan di udara.meskipun kegiatan ini terlalu banyak menguras banyak gerakan fisik namun kegiatan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni, memperkuat otot lengan, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi stres,

6. Microlight

Kegiatan ini dilakukan dengan caramenerbangkan pesawat yang memiliki bobot ringan, berkecepatan rendah, dan hanya bisa memuat satu atau dua orang saja.Jenis pesawat microlight ini dikategorikan sesuai dengan keinginan pengguna.Salah satu dari jenis pesawat ini ada juga yang memakai listrik.

7. Pesawat Swayasa

Pesawat ini dikatakan sebagai pesawat swayasa karena  pesawat ini berasal dari rakitan sendiri yakni sebanyak 51 %.

Di indonesia sudah terdapat banyak pesawat hasil dari rakitan masyarakat sendiri. Salah satu hasil rakitan yang terkenal adalah karya dari Djubair Oemar Djaya dan mendapat penghargaan pembuat pesawat Swayasa pada tahun 1987.

8. Paramotor

Paramotor merupakan salah satu kegiatan yang hanya menggunakan sebuah mesin yang sederhana.

Biasanya orang melakukan olahraga ini bertujuan untuk melihat keindahan alam dari ketinggian ,paramotor dilakukan dengan membutuhkan alat yang disebut parasut.

Olahraga paramotor memiliki persamaan dengan paralayang.Bedanya hanya terdapat pada mesin terbang. Paramotor menggunakan baling-baling kipas angin sedangkan paralayang tidak memerlukan baling-baling kipas angin.

9. Drone

Kegiatan ini merupakan salah satu olahraga dirgantara yang sangat diminati banyak orang ,karena gampang untuk melakukannya. Namun Demikian ,tidak semua orang bisa bermain drone karena kegiatan ini memerlukan surat izin terbang yang dikeluarkan oleh FASI disetiap 3 bulannya.

Nah, demikianlah artikel mengenai jenis olahraga dirgantara, dan kamu juga dapat membaca sekilas profil tentang Kenny Austin guys. Selamat Membaca ya.

Posting Komentar

0 Komentar