Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Mengenal Lebih Dalam tentang Olahraga

 


Olahraga merupakan suatu hal yang umum dan sering dilakukan sehari-hari. Aktivitas fisik ini bahkan kerap kali dikaitkan dengan kesehatan. Tak hanya berguna untuk kesehatan fisik, olahraga juga disebut dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Pengertian Olahraga

Secara harfiah, kata olahraga mengandung kata dasar olah dan raga. Olah adalah suatu proses kegiatan, sedangkan raga adalah badah atau tubuh. Jadi, olahraga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menggerakan seluruh atau sebagian tubuh baik untuk kesehatan maupun hiburan.

Olahraga juga sering diartikan sebagai suatu aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan pikiran untuk melatih tubuh manusia baik secara jasmani maupun rohani.

Tujuan Olahraga

Olahraga dapat dilakukan untuk berbagai tujuan. Tetapi pada umumnya orang-orang melakukan olahraga dengan tujuan meningkatkan kesehatan.

Selain itu, olahraga juga dapat dilakukan untuk sekadar hobi, mencari keringat, membentuk tubuh, mengisi waktu luang, menurunkan berat badan, dan mencapai prestasi. Bahkan ada juga yang melakukannya untuk karir.

Manfaat Olahraga

olahraga juga mempunyai banyak manfaat bagi seseorang yang melakukannya. Dalam hal kesehatan, olahraga secara rutin dapat membantu menjauhkan Anda dari beragam penyakit. Hal ini terjadi karena olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan ideal dan membuat tubuh Anda menjadi lebih tegap. Gerakan fisik dalam olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah.

Saat aliran darah lancar, tubuh Anda pun dapat terjaga dari asupan nutrisi dan oksigen sehingga tetap sehat. Lancarnya aliran darah juga membuat konsentrasi Anda semakin baik.

Macam-macam Olahraga

1. Olahraga Akuatik

Olahraga akuatik adalah segala jenis olahraga yang aktivitasnya berhubungan dengan air. Berikut ini beberapa olahraga yang termasuk dalam cabang akuatik.

a. renang

b. renang indah

c. polo air

d. loncat indah

e. arum jeram

2. Olahraga Panahan

Panahan telah menjadi salah satu cabang olahraga terukur yang paling favorit di Indonesia saat ini. Olahraga ini membutuhkan kesabaran, konsentrasi, keuletan, dan ketahanan supaya target bisa dibidik dengan baik.

Dalam perlombaan panahan, ada beberapa nomor yang sering dipertandingkan yaitu jarak jauh (50 meter), menengah (30 meter), dan pendek (12 meter).

Untuk jarak jauh dan menangah, Anda harus menembakkan enam anak panah ke target panahan dari jarak yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk pertandingan jarak pendek, anda hanya perlu menembakkan tiga anak panah saja.

Olahraga panahan memiliki beberapa teknik seperti teknik dasar posisi (stance), penempatan ekor anak panah (nocking), mengaitkan jari pada tali (hooking and gripping), dan mindset.

3. Olahraga Bulu Tangkis

Di Indonesia cabang olahraga ini cukup populer. Sering juga disebut badminton, cabang olahraga raket ini dimainkan oleh dua orang pada nomor tunggal atau dua pasangan pada nomor ganda.

Ada lima partai yang umumnya dimainkan dalam bulu tangkis yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Pertandingan bulu tangkis bertujuan mendaratkan kok ke bidang permainan lawan. Kok ini harus melewati net terlebih dahulu sebelum jatuh di bidang permainan lawan.

Pemain atau pasangan pemain dinyatakan menang apabila memenangkan dua set permainan. Jika hasil set pertama dan kedua dimenangkan oleh pemain yang berbeda, akan ditambahkan set ketiga untuk menentukan pemenangnya.

4. Olahraga Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim sepak bola berisi 11 orang dengan satu orang bertugas sebagai penjaga gawang.

Memasuki abad ke-21, sepak bola sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Oleh karena itu, sepak bola disebut sebagai olahraga yang paling populer di dunia.

Dalam pertandingan sepak bola, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola. Penjaga gawang diperbolehkan menyentuh bola baik dengan tangan maupun lengan hanya saat ia berada di dalam daerah gawangnya saja.

Tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak pada akhir permainan akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika sampai waktu berakhir skor kedua tim masih sama, akan diberikan perpanjangan waktu.

Apabila skor tetap imbang maka akan dilanjutkan dengan adu penalti. Namun, hal ini bisa jadi tergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan itu sendiri.

5. Olahraga Basket

Bola basket merupakan jenis cabang olahraga yang dilakukan secara kelompok. Setiap tim bola basket terdiri dari lima orang. Mereka harus bekerja sama untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring lawan.

Tim yang berhasil mencetak poin lebih banyak pada ring lawan akan menjadi pemenangnya. Cabang olahraga ini umumnya dimainkan di ruang tertutup dengan lapangan yang relatif kecil jika dibandingkan dengan sepak bola.

6. Olahraga Bola Voli

Bola voli adalah olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim. Kedua tim ini masing-masing terdiri dari enam orang yang saling berlawanan. Dalam perkembangannya, ada juga variasi permainan bola voli pantai yang dimainkan oleh dua pasangan.

Cabang olahraga ini dilakukan dengan memakai tangan dengan tujuan memukul bola supaya melewati jaring atau net. Tim bola voli akan mendapatkan poin jika berhasil menjatuhkan bola tersebut di area permainan lawan.

7. Olahraga Atletik

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang bergengsi seperti Olimpiade dan Asian Games. Atletik sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok. Berikut ini beberapa nomor yang diperlombakan pada cabang olahraga atletik.

a. Tolak Peluru

b. Lempar Lembing

c. Lompat Tinggi

d. Lompar Jauh

e. Lari

f. Jalan

8. Olahraga Tenis Meja

Tenis meja atau kerap disebut pingpong merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh dua orang untuk permainan tunggal atau dua pasangan pada permainan ganda. Permainan tenis meja menggunakan alat yang disebut bet.

9. Olahraga Esport

Jenis olahraga ini baru muncul beberapa tahun belakangan dan dinamakan Electronic Sport atau biasa disingkat E-sport, kebanyakan olahraga jenis ini berhubungan dengan permainan game. Jadi olahraga ini lebih banyak mengandalkan taktik dan keahlian dalam permainan tertentu.

Media esport terdiri dari banyak jenis, seperti misalnya permainan E-football, counter strike dan game-game yang mengandalkan strategi dan ketangkasan lainnya.

10. Olahraga Tinju

Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang memadukan latihan fisik dan seni bela diri. Cabang olahraga ini mempertandingkan dua peserta dengan kelas dan berat yang sama. Kedua peserta ini kemudian bertanding satu sama lain menggunakan tinju mereka dalam rangkaian ronde.

11. Olahraga Berkuda

Berkuda merupakan cabang olahraga yang menuntut keterampilan, stamina yang kuat, kebugaran fisik, konsentrasi, dan penerapan teknik-teknik berkuda. Dalam olahraga ini, Anda harus bekerja sama dengan kuda pacuan supaya bisa melalui setiap rintangan yang ada. Tidak bisa dipungkiri jika keberhasilan olahraga ini ada pada Anda dan juga performa kuda yang ditunggangi.

12. Olahraga Catur

Catur merupakan cabang olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerak dan keringat. Akan tetapi, olahraga ini cukup memeras otak. Anda harus berpikir keras untuk mengalahkan lawan dengan langkah yang tepat.

Permainan ini dilakukan oleh dua orang. Dalam sebuah pertandingan, para pemain biasanya diberi waktu tertentu untuk mengalahkan satu sama lain.

13. Olahraga Senam

Senam merupakan olahraga yang menggabungkan kelenturan, kecepatan, gerakan fisik yang serasi, serta kekuatan pada berbagai bagian tubuh. Ada beberapa nomor yang biasanya diperlombakan pada cabang ini seperti senam lantai, balok keseimbangan, dan palang tak seimbang.

14. Olahraga Dayung

Cabang olahraga yang satu ini membutuhkan ketangkasan dalam menggerakkan perahu dengan cara didayung atau dikayuh di atas air sungai, danau, ataupun laut. Selain itu, olahraga dayung juga membutuhkan keahlian berperahu serta stamina yang prima.

15. Olahraga Bersepeda

Olahraga yang satu ini cukup populer untuk tujuan rekreasi. Anda bisa menantang diri untuk bersepeda di daerah yang mempunyai medan landai, menanjak, dan menurun. Tentunya dibutuhkan keberanian untuk menaklukkan tantangan, apalagi jika Anda bersepeda di alam bebas.

16. Olahraga Anggar

Olahraga anggar merupakan jenis yang menonjolkan ketangkasan. Dalam hal ini, Anda memerlukan ketangkasan gerak dan keterampilan dalam menggunakan senjata.

Olahraga ini menggabungkan beberapa teknik seperti menangkis, memotong, dan menusuk. Lapangan permainan anggar sendiri berbentuk empat persegi panjang dengan luas 14×15 meter.

Setiap pemain dilengkapi dengan kostum khusus dan kabel yang dihubungkan dengan sistem penilaian elektronik. Dengan ini dapat dengan mudah terdeteksi siapa yang terkena tusukan.

17. Olahraga Angkat Besi

Dalam pertandingan angkat besi, para pemain bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut barbel. Olahraga ini membutuhkan kombinasi dari fleksibilitas, kekuatan, teknik, mental, kekuatan fisik, konsentrasi, dan kedisiplinan.

18. Olahraga Judo

Judo merupakan suatu jenis olahraga mempertahankan diri. Dibutuhkan kekuatan dan keseimbangan untuk melakukan olahraga ini. Pemain yang mampu memegang dan melempar lawannya akan keluar sebagai pemenang.

Itulah, mengenai pengertian, tujuan, manfaat, dan jenis-jenis olahraga. Semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian semua, Terimakasih!

 

Komentar

Posting Komentar