6/recent/ticker-posts

Jenis Olahraga Dimalam Hari Yang Buat Tidur Nyenyak

Tahukah kamu? Ternyata olahraga tak hanya dapat dilakukan di pagi saja loh, kamu juga dapat melakukannya pada malam hari.

Menurut hasil sebuah penelitian, ternyata rutin melakukan olahraga dimalam hari dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Lantas, apa saja jenis olahraga yang dapat kamu lakukan di malam hari dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak? Penasaran apa saja? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui agama deva mahenra, aktor muda asal Indonesia. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di malam Hari

1. Yoga

Jenis Olahraga Dimalam Hari Yang Buat Tidur Nyenyak

Jenis olahraga pertama yang dapat kalian lakukan dimalam hari adalah dengan banyak melakukan gerakan yoga.

Yoga  memang sudah lama dikenal sebagai salah satu olahraga yang dapat membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Kalian hanya memerlukan matras saja. Kemudian, kalian cukup duduk dekat tembok lalu ambil posisi berbaring.

Sandarkan kaki, lurus pada tembok. Letakkan tangan di samping kiri dan kanan tubuh dengan posisi telapak tangan terbuka ke atas. Tahan posisi ini selama 10-20 detik.

2. Pilates

Jenis Olahraga Dimalam Hari Yang Buat Tidur Nyenyak

Selain melakukan yoga, kamu juga dapat melakukan pilates. Pernahkah kamu mendengar pilates? Pada dasarnya olahraga yang satu ini hampir mirip dengan yoga, namun gerakannya sedikit lebih modern.

Olahraga yang dikembangkan Joseph Pilates ini merupakan latihan fisik yang fokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Pelaksanaan latihan yang satu ini juga tergolong sederhana. Kalian hanya perlu berdiri dengan kaki selebar pinggul, kedua tangan menempel pada sisi tubuh. Pastikan bahu santai.

Libatkan otot perut, perlahan bungkukkan tubuh, biarkan tangan menjuntai ke lantai saat mengambil napas dalam-dalam. Kemudian sentuh tanah dan tahan pose selama 1-2 detik. Sebaliknya, gulung tubuh perlahan ke belakang dan tetap libatkan otot perut.

3. Peregangan

Jenis Olahraga Dimalam Hari Yang Buat Tidur Nyenyak

Selain banyak melakukan yoga dan juga pilates, kalian juga dianjurkan untuk banyak melakukan peregangan yang dapat membuat otot dan juga pikiran menjadi lebih rileks.

Melansir dari Healthline, kesadaran akan tubuh bisa membangun konsentrasi atau mindfulness yang mana bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Selain itru, berdasarkan hasil sebuah penelitian, banyak melakukan peregangan juga dapat membantu melepas ketegangan otot dan menghindari kram yang bisa mengganggu tidur.

Terdapat beberapa jenis peregangan yang dapat kalian lakukan, beberapa diantaranya adalah dengan melakukan bear hug (gerakan memeluk tubuh sendiri dan tahan selama 30 detik), peregangan leher (memiringkan kepala ke kedua sisi secara bergantian masing-masing tahan selama 5 kali napas), kemudian tundukkan kepala dan angkat.

4. Latihan kekuatan (strength training)

Jenis Olahraga Dimalam Hari Yang Buat Tidur Nyenyak

Selain melakukan peregangan kalian juga dapat melakukan gerakan latihan kekuatan atau dalam bahasa inggris sering disebut dengan strength training.

Pada dasarnya strength training merupakan sebuah olahraga yang dapat membantu membangun otot menjadi lebih rileks, sehingga tidurpun dapat menjadi lebih rileks.

Selain mendapat tidur yang berkualitas, kalian juga tak akan terbangun lagi di tengah malam. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu melakukan Sit up dan push up diatas kasur.

Latihan lain pun bisa ditambah seperti, lunges, squats, atau shoulder presses. Setelah olahraga malam, sebaiknya beri waktu tubuh untuk pendinginan baru tidur.

5. Latihan kardio

Jenis Olahraga Dimalam Hari Yang Buat Tidur Nyenyak

Selain Sit up dan push up, kamu juga melakukan latihan kardio sebelum tidur dimalam hari. Adapun rekomendasi latihan kardio yang bisa kamu lakukan adalah lari, bersepeda, renang atau aerobik terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur dan melawan insomnia.

Lakukan latihan kardio 1-2 jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu untuk menurunkan suhu dan menurunkan detak jantung.

Nah, kamu juga bisa sembari mendengarkan musik santai & reileks ketika sedang melakukkan gerakan-gerakan tersebut, misalnya seperti salah satu lagu dari Setia Band - Cinta Tak Harus Memiliki

Posting Komentar

0 Komentar