Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan

Siapa nih diantara kalian yang sangat suka untuk berenang? Olahraga yang satu ini memang sangat disukai oleh banyak orang karena banyak membawa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pada dasarnya, olahraga renang merupakan sebuah olahraga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Renang juga merupakan salah satu jenis olahrga kardio yang berfungsi untuk melatih otot tubuh dan menambah kekuatan jantung. Untuk itu sering melakukan olahraga yang satu ini akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Tak heran, banyak orang yang melakukan olahraga renang untuk menurunkan berat badan, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Tak hanya itu saja, ada begitu banyak manfaat yang akan kalian dapatkan dikala rutin melakukan renang, apa saja itu? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama yang akan kalian lakukan ketika rutin melakukan olahraga renang yakni dapat meningkatkan kesehatan jantung serta paru-paru.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, banyak melakukan olahraga juga dapat membantu memperlanjar peredaran darah di dalam tubuh, serta mengatur pasukan oksigen dalam darah.

Dengan demikian, tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Membangun massa otot

Manfaat berikutnya yang akan kalian dapatkan ketika rutin melakukan olahraga renang adalah dapat membangun massa otot.

Selama melakukan renang, otot tubuh akan bergerak melawan pergerakan arus air, dan hal tersebut akan membantu membentuk otot menjadi lebih bervolume.

Tak hanya itu, dengan rutin melakukan olahraga renang juga dapat membantu mengecil betis serta membuatnya lebih kencang dan juga dapat membentuk dan menguatkan otot dada.

3. Menurunkan berat badan

Tak hanya dapat membentuk betis saja, ternyata rutin melakukan olahraga renang juga dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuknya menjadi lebih ideal.

Dengan melakukan olahraga yang satu ini selama kurang lebih satu jam saja sudah dapat membakar kalori sebanyak kurang lebih 500–650.

Selain dapat membantu mengurangi berat badan, rutin melakukan renang juga dapat membantu mengecilkan perut, serta mengurangi jaringan lemak di perut dan bagian tubuh lainnya.

4. Mengurangi stress

Tahu kah kalian? Manfaat berikutnya yang akan kalian dapatkan ketika kalian rutin melakukan renang adalah dapat membantu mengurangi stress.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa olahraga renang juga dapatmembantu melemaskan bagian otot tubuh, sehingga tubuh akan semakin rileks

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat Anda lebih rileks.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Kabar baik buat kamu yang mengalami kesulitan untuk tidur, pasalnya berdasarkan hasil penelitian, ternyata rutin melakukan olahraga renang dapat membantu meningkatkan kualiatas tidur lho.

Oleh sebab itu, buat kamu yang mengalami kesulitan utuk tidur (insomnia) maka sangat dianjurkan buat kamu untuk agar dapat tidur nyenyak dimalam harinya.

6. Meringankan radang sendi

Tak hanya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur saja, ternyata rutin melakukan olahraga renang juga dapat digunakan untuk membantu meringankan radang sendi, oleh karenanya berenang sangat dianjurkan bagi mereka yang mengidap penyakit arthritis.

Penelitian lain pun menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang berenang secara rutin dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

7. Mengatasi kondisi saraf kejepit

Tak hanya dapat meringankan radang sendi saja, rutin melakukan renang juga dapat membantu mengatasi kondisi saraf kejepit.

Kita semua tahu bahwa penyakit saraf kejepit dapat membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas dan mengharuskan untuk tetap terbaring diatas kasur. Namun, Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini justru akan melemahkan otot dan membuat sendi menegang.

Untuk itu, salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi penyakit syaraf kejepit adalah dengan rutin melakukan olahraga renang.

Komentar