Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

7 Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja

 


Ada berbagai alasan bagi pekerja kantoran untuk pergi atau bahkan untuk tidak berolahraga. Mulai dari kehabisan waktu, mengejar deadline, hingga kesibukan dan harus duduk di depan laptop atau komputer sepanjang waktu. Memang, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fokus tetap tajam, anda perlu bekerja keras dan berolahraga secara teratur.

Nah, bagi anda yang sibuk, sebenarnya anda bisa melakukan olahraga ringan di kantor. Berikut beberapa gerakan olahraga kantor sederhana yang bisa anda coba.

1. Push-up Meja


Olahraga jenis ini termasuk olahraga yang mudah untuk dicoba di kantor. Trik ini mudah karena bisa dilakukan dimana saja tanpa peralatan khusus. Misalnya, anda dapat mencoba push-up meja. Metodenya sesederhana sama saja seperti melakukan gerakan push-up biasa, tetapi dengan meja.

Letakkan tangan anda di tepi meja, rentangkan bahu anda, dan letakkan kaki anda ke belakang. Kemudian berusahalah dan lakukan yang terbaik yang anda bisa. Selain push-up meja, ada latihan berat badan lain yang dapat anda coba untuk menjaga tubuh anda tetap aktif, seperti push-up, sit-up, dan jumping jacks.

2. Squat


Anda juga bisa memilih squat sebagai latihan kantor yang sederhana. anda bisa duduk dan berdiri berulang kali di kursi kantor anda. Pertahankan kursi terlebih dahulu agar tidak mengganggu latihan anda.

Selain squat, anda juga bisa memadukannya dengan squat lunges. Gerakannya sedikit berbeda, yaitu dnegan jongkok dan lunge. Lunge sendiri adalah gerakan dengan lutut ditekuk ke depan dan kaki lainnya di belakang. Cara melakukan gerakan ini adalah Sit-Stand-Lunge. Gerakan sederhana ini cukup untuk melatih otot kaki.

3. Chair Dips


Latihan kantor yang mudah ini berfokus pada otot bahu, trisep, dan paha. Langkahkan kaki anda ke depan dan letakkan tangan anda di tepi kursi atau meja (tubuh menghadap ke arah anda). Kemudian angkat tubuh ke atas dan ke bawah. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali untuk hasil yang maksimal.

4. Memutar Badan

Duduk dengan posisi tegak. Kemudian putar tubuh anda secara bergantian ke kiri dan ke kanan. Pastikan leher anda lurus dan mata anda menghadap ke depan.

Anda bisa memutarnya dengan bertumpu menggunakan pegangan kursi. Peregangan ini dapat membantu meredakan ketegangan pada otot punggung anda.

5. Desk Upward Dog


Anda bisa melakukan pose yoga ini di kantor. Caranya adalah dengan meletakkan tangan anda di atas meja dan posisikan tubuh anda dengan tegap.

Kemudian perlahan-lahan turunkan tubuh bagian atas anda. Ambil napas dalam-dalam, regangkan tubuh anda, dan tarik kepala anda ke belakang. Tahan posisi ini selama beberapa tarikan napas dan ulangi sesuai kebutuhan.

6. Triceps Stretch


Angkat satu tangan dan tekuk sampai tangan anda menyentuh tulang belikat. Tarik siku dengan tangan anda yang lain. Tahan posisi ini selama 2-3 napas. Lakukan hal yang sama untuk lengan lainnya.

7. Hamstring Stretch


Duduk tegak di kursi anda. Rentangkan kaki kanan ke depan dan pegang jari-jari kaki dengan tangan kanan. Selama lengan dan kaki anda lurus, anda tidak perlu sampai menyentuh ujung kaki anda. Tahan selama 2-3 napas dan kemudian lakukan gerakan dengan kaki kiri anda.

Langkah-langkah di atas dapat dengan mudah dilakukan di kantor. Sisihkan beberapa menit setiap hari untuk latihan yang mudah ini. Tubuh anda akan merasa lebih baik dan anda akan merasa kurang lelah.

Komentar