Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Gerakan Olahraga Ringan Pasca Melahirkan, Dijamin Aman!

Olahraga merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan agar tubuh menjadi lebih sehat dan juga kuat, serta tak gampang untuk terserang penyakit.

Olahraga dapat dilakukan oleh semua orang, bahkan seorang ibu pasca melahirkan juga dianjurkan untuk melakukan olahraga.

Berolahraga setelah melahirkan baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan bahkan dapat membantu mengurangi risiko depresi pascapersalinan.

Buat kalian para ibu yang baru saja melahirkan, kalian dapat melakukan pergerakan kembali setelah 6 bulan pasca persalinan.

Namun, sebenarnya kalian juga bisa melakukan olahraga lebih awal jika sudah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Nah, berikut ini beberapa gerakan olahraga yang tergolong ringan yang dapat kalian lakukan sendiri dirumah untuk mengisi waktu luang.

1. Jalan kaki

Gerakan Olahraga Ringan Pasca Melahirkan, Dijamin Aman!

Gerakan olahraga pertama yang dapat kalian lakukan setelah pasca melahirkan adalah dengan rutin jalan kaki.

Kita semua tahu bahwa jalan kaki atau jalan santai merupakan gerakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan.

Rutin jalan santai akan membuat tubuh kembali bugar. Ditambah lagi, kalian dapat melakukan jalan santai sambil membawa bayi dalam gendongan atau dengan stroller.

Namun, apabila jalan santai masih dirasa kurang, maka kalian boleh juga berjalan lebih cepat dan bertenaga. Selain itu,

2. Latihan pernapasan perut

Gerakan Olahraga Ringan Pasca Melahirkan, Dijamin Aman!

Gerakan olahraga ringan berikutnya yang dapat kalian lakukan setelah pasca melahirkan adalah melakukan latihan pernapasan perut.

Olahraga yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu memulai dengan cara duduk tegak dan mengambil napas panjang. Setelah itu, kontraksikan perut saat menarik napas, tahan beberapa saat, lalu lemaskan kembali otot perut saat membuang napas.

Nah, ketika kalian sudah terbiasa melakukan olahraga yang satu ini, kamu dapat mencoba untuk menahan napas lebih lama.

Selain melemaskan otot setelah melahirkan, latihan ini juga membantu mengencangkan dan membentuk otot perut, sehingga efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

3. Berbaring sambil mengangkat kepala

Gerakan Olahraga Ringan Pasca Melahirkan, Dijamin Aman!

Gerakan olahraga yang berikutnya yang dapat kalian lakukan setelah pasca melahirkan adalah dengan melakukan gerakan berbaring sambil mengangkat kepala.

Gerakan ini bertujuan untuk memperkuat otot punggung, mengencangkan otot perut, dan membakar kalori.

Adapun cara yang dapat kalian lakukan dalam melakukan olahraga ini adalah dengan berbaring lalu menekuk kedua lengan dan lutut, sehingga telapak kaki menapak lantai.

Setelah melakukan tahap tersebut, tarik napas dan lemaskan perut, kemudian buang napas sambil mengangkat kepala dan leher dari lantai. Saat membuang napas, fokus untuk mengencangkan perut atas, sehingga kepala dan leher bisa terangkat bersamaan.

Kemudian, turunkan kembali kepala dan leher dengan perlahan sambil menarik napas. Ulang gerakan ini sampai 10 kali, kemudian cobalah untuk mengangkat kedua tangan juga dengan sudut 45 derajat ke depan. Ulang hingga 10 kali dengan teknik pernapasan serupa.

4. Senam Kegel

Gerakan Olahraga Ringan Pasca Melahirkan, Dijamin Aman!

Gerakan olahraga berikutnya yang dapat kalian lakukan pasca melahirkan adalah dengan melakukan senam kegel.

Hal yang mungkin terjadi pasca melahirkan adalah kalian akan sedikit kesulitan untuk buang air kecil, sehingga kadang tidak sengaja mengeluarkan urine saat batuk atau bersin.

Kalian tak perlu risau, ternyata masalah tersebut dapat diatasi dengan rutin melakukan senam kegel. Senam ini bertujuan untuk mengencangkan otot kandung kemih.

Cara melakukan gerakakan olahraga yang satu ini cukup mudah, kalian dapat melakukannya dengan cara mengencangkan perut bawah seperti saat sedang menahan buang air kecil atau buang air besar.

Gerakan ini bisa kalian lakukan kapan saja, misalnya saat sedang duduk menonton TV atau menyusui Si Kecil. Coba untuk melakukannya 3 kali sehari, masing-masing 10 kali.

5. Squat sambil menggendong bayi

Gerakan Olahraga Ringan Pasca Melahirkan, Dijamin Aman!

Gerakan olahraga berikutnya yang dapat kalian lakukan pasca melahirkan adalah dengan rutin melakukan squat sambil menggendong bayi.

Kalian hendak berolahraga namun bayi rewel tak mau ditinggal? Jangan risau, kalian juga tetap bisa melakukan olahraga sambil menggendong anak.

Si Kecil sedang tidak mau lepas dari Bunda? Tenang, Bunda tetap bisa berolahraga sambil menggendongnya. Pertama, gendong Si Kecil menempel dengan dada Bunda. Jaga kepalanya, terutama jika ia masih belum bisa mengangkat kepala.

Kalian dapat rutin melakukan latihan ini jika Si Kecil telah berusia minimal 10–12 minggu. Selain itu, pastikan Bunda sudah cukup kuat dan memiliki keseimbangan yang cukup baik, ya.

Komentar