6/recent/ticker-posts

Ini Dia, 5 Manfaat Rutin Melakukan Sit Up

Ini Dia, 5 Manfaat Rutin Melakukan Sit Up

Sit up merupakan salah satu gerakan olahraga yang memilki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah memperindah perut dan meningkatkan kebugaran jasmani

Bentuk perut yang indah merupakan salah satu impian wanita .rasa percaya diri dapat bertambah jika memiliki bentuk perut yang indah. Melakukan sit up secara rutin dapat mengencangkan otot-otot perut.

Sit up juga merupakan jenis olahraga yang dapat melatih kekuatan otot dan membuat otot-otot tubuh akan terlihat kencang. 

Gerakan ini juga memiliki manfaat dalam mengencangkan otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, hingga leher.

Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh

Ini Dia, 5 Manfaat Rutin Melakukan Sit Up

1. Meningkatkan Masa Otot 

Memiliki otot yng kencang dapat membuat bentuh tubuh yang ideal. Salah satu cara dalam mengencangkan masa otot terutama otot perut dan pinggul adalah dengan melakukan sit  up. 

Para ahli mengatakan bahwa sit up dapat menurunkan resiko terjadinya sarkopenia pada lansia,  yaitu kondisi penurunan masa otot yang diakibatkan oleh penuan otot. 

2. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh 

Ketika melakukan kegiatan sit up otot panggul, pinggul, dan punggung bawah akan bergerak .kegiatan ini dapat memperbaiki keseimbangan tubuh jika kita rutin dalam melakukannya. Selain  memeperbaiki keseimbangan tubuh gerakan ini juga memilki manfaat mengencangkan otot-otot.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik adalah tubuh yang memilki proporsional dan ideal.Sebagai wanita pastinya sangat mendamkanpostur tubuh yang baik.Selain terlihat sehat juga dapat menambah rasa percaya diri bagi wanita. Langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan kegiatan sit up.

Kegiatan ini sangat tidak disarankan bagi anda yang memilki penyakit punggung atau saraf kejepit. Karena kegiatan ini akan semakin menambah rasa sakit dan parah. 

4. Memperindah Bentuk Perut 

Sit up merupakan gerakan yang memilki manfaat melatih otot-otot tubuh khususnya otot perus. Otot perut akan lebih kencang dan tampak rata. 

Kegiatan sit up ini dapat kita lakukan bersamaan dengan olahraga aerobik untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Membakar Lebih Banyak Kalori 

Manfaat terakhir yang dihasilkan oleh gerakan sit up adalah membakar lebih banyak kalori jika kita lakukan dalam waktu jangka panjang.

Gerakan sit up ini sangat cocok dilakukan bagi anda yang ingin menguruskan badan. Namun demikian gerakan dalam sit up memilki aturan-aturan gerak yang bisa kita lakukan. Berikut adalah penjelasan cara melakukan gerakan yang baik dan benar.

Cara Melakukan Sit Up Yang Benar 


Apapun kegiatan yang kita lakukan jika kita lakukan secara tidak beraturan akan mengakitbatkan badan yang terasa pegal. Sama halnya dengan gerakan sit up.

Melakukan gerakan sit up dengan benar akan menghindari kita dari cedera pada otot-otot tubuh. Oleh karena itu berikut ini adalah langkah-langkah melakukan sit up yang benar :

1. mulailah dengan posisi badan yang terlentang kemudian menekuk lutut dan kakimenempel ke lantai agar tubuh tetap stabil.

2. letakkan tangan dalam posisi silang di atas dada, atau didekat telinga.

3. angkatlah badan ke atas kearah lutut sambil menghembuskan nafas pada saat melakukannya. 

4. turunkanlah badan kembali keposisi awal yaitu terlentang. Begitulah seterusnya.

Bagi pemula sangat penting dalam mempelajari gerakan-gerakan dalam sit up. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 10 kali dalam sehari. 
Dan sebari melakukannya, kamu juga bisa sambil menikmati lagu santai & rileks seperti lagu Setia Band - Cinta Tak harus memiliki.

Sit up dapat kita lakukan di dalam rumah dengan menggunakan alas. Namun demikian jika kita ingin yang lebih nyaman kita bisa melakukannya di pusat kebugaran. 

Selain mendapat alat yang nyaman di pusat kebugaran juga terdapat instruktur yang bisa mengajari kita dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Bila perlu lakukanlah konsultasi ke dokter untuk menanyakan gerakan sit upapa yang cocok dengan kondisi tubuh anda.

Posting Komentar

0 Komentar