Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga kuat? Ya, semua orang yang hidup didunia ini tentu menginginkan tubuh sehat supaya dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Siapa sih yang ingin sakit? Tak ada yang menginginkan tubuh yang sakit, bukan? Lantas, bagaimana caranya supaya kita tetap memiliki tubuh yang sehat?

Salah satu cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan rutin melakukan olahraga. Selain merupakan aktivitas yang menyehatkan, olahraga juga dapat menjaga kebugaran tubuh.

Olahraga dapat dilakukan oleh semua orang, mulai dari anak-anak,remaja, orang dewasa, bahkan golongan lansia juga dianjurkan untuk melakukan olahraga.

Rutin olahraga memang sangat dianjurkan bagi kaum lansia, agar terhindar dari masalah persendian, namun dengan porsi yang terbatas tentunya.

Pada umumnya, olahraga yang baik dilakukan lansia adalah olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang.

Olahraga berat dan dalam waktu yang tidak dianjurkan mengingat fungsi-fungsi tubuh lansia yang sudah tidak sebaik orang yang lebih muda.

Nah, berikut ini beberapa jenis olahraga yang aman untuk golongan lansia, penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Jenis Olahraga Yang Aman Untuk Golongan Lansia

1. Jalan Cepat

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Jenis olahraga pertama yang tergolong aman untuk lansia adalah jalan cepat. Pada dasarnya, jalan cepat merupakan salah satu jenis latihan aerobik, namun kurang intens jika dibandingkan dengan jogging.

Jalan cepat dinilai sebagai salah satu jenis olahraga yang cocok untuk lansia karena mampu meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot.

Jika dibandingakan dengan joging, jalan cepat juga tidak terlalu berdampak pada persendian. Jadi, jika lutut atau pergelangan kaki sudah cukup lemah, jalan cepat akan menjadi pilihan olahraga yang jauh lebih baik daripada joging.

Sembari melakukan olahraga jalan cepat, kalian juga dapat mendengarkan musik, chord widodari misalnya. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Psychophysiology meneliti para peserta yang mengklaim bahwa hanya dengan mendengarkan musik selama 11 menit membuat seakan rutinitas olahraga mereka selesai dalam 60 detik dan tak merasa kelelahan.

2. Bersepeda

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Jenis olahraga berikutnya yang juga aman untuk golongan lansia adalah bersepeda. Aktivitas yang satu ini juga masuk kedalam golongan olahraga aerobic yang dinilai bagus untuk menjaga kesehatan jantung, khususnya buat para lansia.

Terdapat dua pilihan untuk menjalankan olahraga yang satu ini, yang pertama adalah dengan bersepeda statis yang tersedia di gym atau bersepeda sambil mencari udara segar di luar ruangan. Selain tidak berdampak pada persendian, kemungkinan cederanya juga kecil.

 3. Berenang

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Jenis olahraga berikutnya yang juga tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh lansia adalah dengan rutin berenang.

Berenang juga masuk kedalam jenis olahraga aerobic yang aman dan tidak akan membuat persendian terlalu stres karena beban tubuh ditopang oleh air.

Berenang juga menjadi pilihan olahraga yang bagus bagi mereka yang mengidap radang sendi dan osteoporosis.

4. Squat

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Jenis olahraga berikutnya yang juga aman dilakukan untuk golongan lansia adalah squat. Aktivitas ini dinilai sebagai sebuah cara sederhana dan efektif untuk mendapatkan dosis latihan keseimbangan harian.

Selain itu, olahraga jenis squat juga tidak memerlukan peralatan apa pun untuk selain berat badan yang kamu miliki.

Dalam menjalankan aktivitas olahraga ini, kamu hanya perlu menurunkan diri dari posisi berdiri ke posisi setengah duduk.

Namun, terdapat juga varian gaya latihan squat, yakni dengan mulai dari posisi duduk di kursi dan perlahan-lahan bangun, dengan tangan terentang sejajar dengan lantai dan tidak mencengkram apapun sebagai penyangga.

5. Tai Chi

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Olahraga berikutnya yang juga aman dilakukan untuk golongan lansia adalah Tai Chi. Apasih Tai Chi itu? Jadi, Tai chi adalah olahraga intensitas rendah, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa untuk keseimbangan dan fleksibilitas.

Oleh masyarakat banyak, Tai Chi terkenal sebagai olahraga penuh kesadaran yang membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan fokus.  Jadi, selain bagus untuk kesehatan fisik, olahraga ini juga bagus untuk kesehatan mental.

6. Peregangan

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Jenis olahraga berikutnya yang tentu aman dilakukan untuk golongan lansia adalah dengan melakukan peregangan.

Tak hanya lansia, semua golongan umur dianjurkan untuk rutin melakukan sebuah peregangan agar otot tidak kaku.

Peregangan dapat dilakukan pada area otot yang berada di leher, punggung, dada, perut, samping, lengan, paha, dan betis.

Namun, pastikan kamu juga melakukannya pada  bagian persendian di tubuh secara teratur agar tidak kaku, seperti bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki

7. Yoga

Rekomendasi Jenis Olahraga Untuk Kaum Lansia, Dijamin Aman!

Jenis olahraga berikutnya yang pasti aman dilakukan untuk golongan para lansia adalah dengan melakukan yoga.

Yoga memang dikenal sebagai sebuah latihan peregangan yang lebih terstruktur. Latihan membantu pembentukan otot pada saat yang bersamaan.

walaupun kamu akan melatih otot untuk menopang berat badan sendiri selama yoga, stres ini tidak akan terlalu banyak diberikan pada persendian.

Oleh sebab itu, yoga dikenal sangat bagus bagi mereka yang mengalami masalah dengan tulang atau persendiannya.

Komentar