Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Cara Berolahraga Yang Baik Dan Benar

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan bugar dan juga sehat.

Tak hanya menjaga tubuh tetap sehat, olahraga sering dijadikan sebagai sarana untuk membantu membentuk postur tubuh, meningkatkan massa otot, menurunkan berat, hingga melatih organ pernapasan.

Selain itu, dengan rutin melakukan olahraga juga dapat membantu meningkatkan suasana hati yang sedang dalam keadaan yang tidak baik.

Hal itu semua tentu akan kamu dapatkan jika kamu mengetahui cara melakukan olahraga dengan baik dan juga benar.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara melakukan olahraga dengan baik dan juga benar? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Tentukan tujuan olahraga

Cara Berolahraga Yang Baik Dan Benar

Cara menjalani olahraga yang baik dan benar yang pertama adalah dengan menentukan tujuan olahraga itu sendiri sebenarnya apa.

Kalian harus jelas dalam menentukan, apakah itu untuk menurunkan berat badan? Ingin meningkatkan masa otot? Memperbaiki postur tubuh? Ingin melatih kelenturan tubuh? Atau ingin meningkatkan kebugaran tubuh?

Dengan mengetahui tujuan dari olahraga yang kalian lakukan, tentu kalian akan dapat merancang jenis gerakan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Biasanya, setiap gerakan olahraga akan memiliki fokus yang berbeda-beda, karena itu memilih capaian sejak awal akan membantu Anda untuk menyederhanakan tahapan olahraga.

Hal ini tentunya juga akan berimbas kepada yang namanya efektifitas olahraga dan juga manajemen resiko.

Gerajakan yang tanpa arah yang jelas dan cenderung asal-asalan hanya akan membuat kalian mengalami cedera dan tidak berjalan dengan efektif.

2. Periksa kondisi tubuh

Cara Berolahraga Yang Baik Dan Benar

Cara menjalankan olahraga yang baik dan benar yang berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi tubuh terlebih dahulu, apakah memungkinkan untuk melakukan olahraga atau tidak.

Kalian harus paham bahwa tujuan utama dalam melakukan sebuah olahraga adalah untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Karena itu olahraga tak hanya dipandang dari kuantitasnya saja, melainkan kualitas dari efek yang ditimbulkan di kemudian hari.

3. Melakukan pemanasan

Cara Berolahraga Yang Baik Dan Benar

Cara melakukan olahraga yang baik dan benar yang berikutnya adalah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu

Apakah Anda masih kerap menyepelekan pemanasan sebagai bagian dari cara olahraga yang benar? Jika iya, maka kebiasaan tersebut harus segera diubah.

Hal ini disebabkan karena ketika kalian melakukan olahraga, tubuh akan, tubuh menerima rangsangan secara simultan, mulai dari otot, tulang, hormon, hingga organ di dalamnya.

Nah, pemanasan ini nantinya berfungsi untuk membantu tubuh beradaptasi dengan rangsangan tersebut.

Apabila kalian sampai melewatkan tahap tersebut atau cenderung melakukannya dengan asal-asalan, dapat membuat tubuh berpotensi untuk mengalami cedera dan juga tidak nyaman selama menjalani kegiatan olahraga.

4. Mengatur ritme dan frekuensi olahraga

Cara Berolahraga Yang Baik Dan Benar

Cara berolahraga dengan benar berikutnya adalah dengan mengatur ritme dan juga frekuensi dalam melakukan olahraga.

Kalian harus paham bahwa olahraga yang benar bukan terletak pada seberapa sering kalian melakukan olahraga, namun seberapa besar komitmen dan juga porsi yang kalian jatah untuk melakukan kegiatan tersebut.

Akan sangat dianjurkan bagi kalian untuk membuat jadawal olahraga agar sesuai dengan target capaian dan kondisi tubuh.

Pada umumnya, takaran olahraga yang tepat bagi orang dewasa adalah berkisar dua setengah jam tiap minggunya. Namun, Kalkulasi waktu ini dapat diturunkan dalam beragam jenis kegiatan dan intensitas hariannya.

5. Kombinasi latihan otot

Cara Berolahraga Yang Baik Dan Benar

Cara berolahraga dengan baik dan juga benar berikutnya adalah rutin untuk melakukan kombinasi latihan otot selama kurang lebih satu jam setengah.

Intensitas dan frekuensi olahraga dapat ditingkatkan seiring dengan kemampuan tubuh untuk beradaptasi. Adapun dosis olahraga harus dikembangkan secara berkala, demi mendapatkan hasil yang signifikan.

6. Melakukan pendinginan

Cara Berolahraga Yang Baik Dan Benar

Cara berolahraga yang benar berikutnya adalah dengan rutin melakukan pendinginan sesudah melakukan kegiatan olahraga.

Hal ini cukup penting karena ketika kalian melakukan olahraga, tubuh seperti digenjot mesinnya, dialirkan pelumasnya, dan dibakar tenaganya.

Nah, apabila kegiatan ini dihentikan secara paksa dan tiba-tiba, maka kendaraan mungkin saja mengalami konslet.

Hal ini berlaku juga ketika tubuh juga tubuh yang mengakhiri kegiatan olahraga tanpa pendinginan, akan kesulitan untuk mengembalikan kondisi organ dan otot seperti semula.

Komentar