Wajib Tahu! Manfaat Skipping untuk Tubuh

Rugby, Jenis Olahraga yang Dianggap Kasar dan Penuh Benturan

 

Rugby adalah jenis permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim. Tidak seperti sepak bola, rugby memperbolehkan menendang, melempar, dan mempertahankan bola dengan tujuan mencetak poin sebanyak mungkin.

Rugby memang identik dengan olahraga kasar, namun masih banyak fakta menarik lainnya yang digali dari olahraga ini.

1. Bentuk Bola yang Oval


Saat menonton pertandingan rugby, mungkin anda memperhatikan bentuk bola yang unik. Dimana bolanya kurang bulat tetapi lebih mirip telur.

Bola dengan bentuk oval merupakan bentuk alaminya dan dipengaruhi oleh bahan dasar pembuatannya di masa lalu dengan menggunakan kandung kemih babi.

Bentuknya yang lonjong bertahan hingga saat ini untuk membedakan bola yang digunakan dalam sepak bola. Bentuk ini juga dianggap mudah digenggam dan dipegang oleh pemain. 

Saat ini, bahan dasar pembuatan bola menggunakan sintesis daripada kandung kemih babi.

2. Pembuat Bola Rugby Pertama



Salah satu produsen bola rugby pertama dikenal sebagai pengrajin kulit bernama Richard Lindon dan kemudian mengembangkan bola rugby yang terbuat dari kantung babi lalu dibungkus kulit.

Bola rugby hanya akan mengembang jika ditiup menggunakan mulut, yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi dari hewan yang mati.

Selain itu, tugas tersebut dilakukan langsung oleh istri Richard Lyndon yaitu Rebecca Lyndon. Akibatnya, tak lama kemudian Rebecca jatuh sakit dengan penyakit paru-paru sampai dia meninggal.

3. Penemu Olahraga Rugby

Penemu olahraga ini adalah seorang siswa bernama William Webb Ellis, yang bersekolah di sekolah rugby. Rumor mengatakan bahwa awalnya William  mengambil dan membawa bola menggunakan tangan pada saat berada dalam pertandingan sepak bola. Sayangnya, masih belum ada bukti yang kuat untuk menguji keaslian cerita ini dan keaslian kronologinya masih dipertanyakan.

4. Negara yang Populer dengan Rugby


Meskipun olahraga ini cukup menarik untuk dilakukan, namun ternyata rugby tidak banyak dikenal oleh banyak negara termasuk Indonesia. 

Walaupun begitu, olahraga ini masih diminati terutama di beberapa negara bekas jajahan Inggris seperti Selandia Baru, Australia, Afrika Selatan dan Fiji, serta beberapa negara lain seperti Irlandia, Skotlandia, Brasil, Laos, Kenya, dan Amerika Serikat.

5. Tingkat Cedera yang Cukup Tinggi


Rugby adalah olahraga dengan tingkat cedera tinggi hingga mencapai 90% dengan sebagian besar cedera rata-rata berasal dari kontak langsung dengan pemain yang saling bertabrakan.

Olahraga ini mencetak poin dengan cara mengutamakan penguasaan pertahanan bola yang sedang dipegang. Namun, tidak seperti sepak bola, rugby melibatkan lebih banyak pertarungan fisik seperti memukul dan mendorong satu sama lain untuk dapat menang. Karena itu, rugby sering dianggap sebagai olahraga yang kasar dan berbahaya.


Komentar