Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Cara Melakukan Sit Up dengan Benar Buat Perut Rata



Anda mungkin tahu sit-up di setiap sesi latihan. Meski terlihat mudah, jurus ini juga membutuhkan keterampilan teknis. Simak artikel di bawah ini untuk mempelajari cara melakukan sit-up dengan cara yang benar.

Gerakan Sit Up yang Benar


Sit-up adalah gerakan olahraga yang melatih berbagai otot dan membutuhkan teknik khusus. Manfaat utama dari sit up adalah melatih dan memperkuat otot tubuh terutama di bagian perut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan sit-up dengan benar:

- Berbaring telentang di atas matras atau permukaan datar dan nyaman lainnya

- Tekuk kedua lutut hingga telapak kaki menyentuh matras

- Pastikan kedua kaki benar-benar bersentuhan dengan matras

- Jika merasa berat, anda menahannya menggunakan bangku atau dapat meminta seseorang memegang pergelangan kaki anda

- Silangkan tangan di depan dada dan letakkan tangan kiri di bahu kanan dan sebaliknya. Jangan meletakkan tangan di belakang kepala karena dapat menarik leher

- Ambil napas dalam-dalam, fokus dan gunakan perut untuk mengangkat punggung dari lantai dan mendorong diri ke depan

- Turunkan kembali punggung ke posisi semula atau berbaring. Lakukan dengan perlahan, jangan sampai membentur matras

- Ulangi gerakan ini beberapa kali. Sebagai pemula, cobalah memulai dengan 10 atau lebih sedikit sit-up dalam satu siklus, tergantung pada kemampuan anda.

Variasi Gerakan Sit Up

Selain sit-up di atas, Anda juga bisa melakukan berbagai variasi sit-up berikut ini.

Bicycle crunches

Gerakannya sama dengan teknik sit up. Ubah saja gerakan kaki Anda seperti sedang mengayuh sepeda untuk menyelaraskan bahu kiri dengan lutut kanan dan sebaliknya.

Tuck-ups

Untuk melakukan tuck-up, Anda harus berbaring telentang, kaki lurus, kedua tangan berada di samping badan. Angkat punggung ke depan menggunakan otot  perut, tekuk lutut ke arah, lalu kembalikan kaki ke posisi lurus semula.

V-ups

V-up adalah latihan tuck-up tingkat lanjut. Untuk melakukan ini, berbaring telentang dengan kaki lurus agar tidak menyentuh lantai, jaga agar lengan tetap lurus. Gunakan otot perut untuk mengangkat punggung, rapatkan kedua hingga kaki lurus, lalu luruskan tubuh ke belakang.

Kesalahan Sit Up yang Perlu Dihindari


Gerakan olahraga tidak luput dari risiko kesalahan teknis, terutama bagi pemula. Berikut adalah beberapa kesalahan sit-up umum yang harus diperhatikan:

1. Menjulurkan leher ke depan dan membungkukkan bahu 

Kesalahan ini paling sering terlihat saat mengangkat punggung ke depan dari posisi berbaring. Menjulurkan leher dan membungkukkan bahu dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri pada otot leher dan punggung.

2. Meletakkan Tangan di Belakang Kepala

Tangan sering diletakkan di belakang kepala saat sit-up, padahal gerakan ini dapat membuat otot leher menjadi tegang.

3. Menjatuhkan Diri dengan Keras ke Matras

Kesalahan ini biasa terlihat saat menurunkan punggung ke posisi berbaring. Anda mungkin tidak ingin menjatuhkan diri ke matras, tetapi untuk pemula, fase menurun biasanya sulit dikendalikan karena otot perut masih terlalu lemah atau lelah.


Komentar