Wajib Tahu! Manfaat Skipping untuk Tubuh

Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Anda mungkin pernah mendengar rumor bahwa berolahraga dengan perut kosong membakar lemak lebih mudah. Dengan lemak yang terbakar lebih banyak, diharapkan berat badan dapat berkurang dengan cepat.Tetapi apakah ini benar dan aman secara medis?

Banyak orang percaya bahwa berolahraga dengan perut kosong akan dapat membakar lebih banyak kalori dan efektif untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, makan sebelum berolahraga dianggap memberikan energi untuk melakukan latihan yang optimal. 

Latihan dengan perut kosong disebut latihan fasted cardio. Alih-alih berolahraga dengan perut kenyang, melakukan olahraga fasted cardio dikatakan dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan teknik ini untuk mencapai berat badan ideal mereka.

Apakah latihan dengan perut kosong benar-benar dapat mempercepat penurunan berat badan? Pakar kebugaran mengatakan, baik makan ataupun tidak sebelum berolahraga itu tergantung pada apa yang sesuai dengan tubuh kita. Simpanan glikogen atau karbohidrat tubuh sering terkuras habis di pagi hari.


Karena itulah banyak orang yang percaya bahwa berolahraga terutama di pagi hari dengan perut kosong sangat efektif menurunkan berat badan karena membakar lemak.

Jadi setelah semalaman tanpa makan, tubuh bisa membakar lebih banyak lemak karena tubuh tidak mendapat asupan makanan lain selain membakar lemak di tubuh kita.

Sayangnya, jenis rutinitas ini tidak baik untuk kesehatan anda karena tubuh berisiko kehilangan banyak glikogen. Hal ini dikarenakan otot merupakan sumber energi yang akan digunakan jika lemak sudah habis terbakar.

Sama seperti berolahraga setelah makan banyak yang akan membuat anda merasa mual dan tidak nyaman, berolahraga dengan perut kosong tidak selalu memberikan dampak yang positif. 


Berolahraga dengan perut kosong bisa saja menyebabkan rasa sakit. Karena itu, anda harus makan dalam porsi kecil sebelum berolahraga. Dengan cara ini, tubuh tidak akan terlalu terbebani untuk mencerna makanan dalam jumlah besar yang memungkinkan semua otot teroksigenasi dan membakar lemak lebih efektif. 

Anda tidak perlu makan banyak sebelum pergi berolahraga karena itu tidak akan berdampak baik bagi tubuh melainkan hanya akan berdampak buruk. Tidak banyak perbedaan antara berolahraga saat perut kosong dan berolahraga setelah makan makanan yang ringan. 

Jika berolahraga dengan perut kosong menyebabkan anda menjadi lemah dan sakit, ada baiknya untuk mendengarkan tubuh anda dan makan makanan yang akan memberi anda energi dan memungkinkan anda untuk berolahraga sebaik mungkin.



Komentar