Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Mau kurus? Jenis Olahraga Ini Paling Banyak Membakar Kalori

 


Mengikuti diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal. Namun, harus diimbangi dengan olahraga teratur. Olahraga apa yang paling banyak membakar kalori? 

Jika anda ingin menurunkan berat badan, anda harus membuat defisit kalori. Defisit kalori berarti kalori yang dibakar lebih besar dibandingkan dengan jumlah kalori yang masuk. Dengan cara ini, diharapkan lemak juga ikut terbakar di dalam tubuh. 

Untuk menjaga berat badan, jumlah kalori yang anda bakar setidaknya harus sama dengan jumlah kalori yang anda bakar. Namun, pembakaran kalori dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk durasi latihan, kecepatan, intensitas, tinggi dan berat badan. 

Secara umum, olahraga yang dapat membakar kalori paling banyak adalah yang berfokus pada intensitas tinggi dan meningkatkan detak jantung anda. Agar kalori anda tetap terbakar sesuai target, kenali olahraga yang paling banyak membakar kalori seperti berikut ini.

LARI 


Lari adalah salah satu olahraga terbaik untuk membakar kalori. Berlari dapat meningkatkan fleksibilitas dan daya tahan. Semakin cepat anda berlari, semakin banyak kalori yang anda bakar. Jumlah kalori yang dapat anda bakar per setengah jam adalah sekitar 300-480 kalori. Selain itu, olahraga yang satu ini tidak membutuhkan banyak perlengkapan yang rumit. Yang anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu yang mendukung sehingga anda dapat segera mulai berolahraga.

Bersepeda


Bersepeda dapat membakar sejumlah besar kalori dalam waktu 30 menit. Jumlah kalori yang bisa anda bakar adalah sekitar 210-311 kalori.

Renang


Berenang membakar banyak kalori, meskipun ini adalah olahraga low-impact. Berenang selama 30 menit dapat membakar 198-294 kalori. Berenang tidak hanya membakar kalori, tetapi juga membangun kekuatan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan membangun kekuatan kardio dan paru-paru. Berenang adalah olahraga yang low-impact, sehingga dianjurkan untuk orang dengan masalah persendian seperti sakit punggung.

HIIT


HIIT adalah singkatan dari High Intensity Interval Training. Olahraga ini sangat digemari karena bisa dilakukan di rumah hanya dengan menonton video tutorial yang banyak dibagikan di media sosial. 

Sesuai dengan namanya, olahraga ini menggunakan interval tertentu untuk membakar kalori.  Misalnya, lakukan satu gerakan cepat selama 30 detik, lalu istirahat selama 1 menit. Siklus interval ini biasanya berlangsung sekitar 10-20 menit. Gerakan yang biasanya dilakukan dalam HIIT bervariasi, antara lain berlari di tempat, butt kicks, mountain climbers, dan banyak gerakan lainnya.

Tetapi sebelum melakukan olahraga tadi pastikan anda selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ini membantu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keseleo, trauma, kejang otot, dan kondisi lainnya. Setelah anda melakukan pemanasan, anda siap untuk latihan yang membakar banyak kalori.



Komentar