Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Rekomendasi Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Asma

Rekomendasi Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Asma

Asma adalah salah satu penyakit kronis pada saluran pernapasan yang bisa membuat penderita mengalami sesak napas.

Melakukan olahraga merupakan aktivitas yang dihindari oleh penderita asma karena dapat memicu sesak napas.Namun demikian, ada beberapa olahraga santai yang disarankan bagi penderita asma.

Olahraga sangat penting kita lakukan agar tubuh kita tetap sehat dan selalu bugar.Kegiatan ini sangat dianjurkan untuk semua kalangan termaksud bagi penderita asma.

Dengan melakukan olahraga maka, intensitas bernapas akan semakin meningkat dan membuat karbondioksida yang dikeluarkan semakin banyak. Berikut ini,akan dijelaskan olahraga apa saja yang cocok untuk penderita asma.

Jenis Olahraga Yang Aman Untuk Pengidap Asma

Rekomendasi Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Asma

Pengidap asma pastinya sangat menghindari melakukan aktivitas yang berat khususnya olahraga.Namun, anda tak perlu khawatir, dalam artikel ini akan bahas olahraga yang cocok untuk pengidap asma. Adapun olahrga tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berjalan Kaki

Olahraga berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh pengidap asma.Para ahli mengatakan bahwa orang dewasayang melakukan berjalan kaki selama 3 kali dalam seminggu akan mendapatkan manfaat meningkatkan stamina, tubuh menjadi sehat dan bugar, tanpa resiko asma kambuh. Lakukanlah kegiatan ini selama 30 menit.Anda bisa berjalan kaki mengelilingi lapangan sepak bola, di taman, dan tempat-tempat lain yang ada dilingkungan sekitarmu. Lakukanlah secara rutin agar mencegah penyakit asma anda kambuh.

2. Berenang

Olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan oleh pengidap asma adalah berenang karena, berenang dapat mengatur sistem pernapasan, memperbaiki kerja otot pernapasan, dan menjaga dari pemicu penyakit asma kambuh.Berenang juga memiliki manfaat untuk melonggarkan lendir yang ada di paru-paru anda.Lakukanlah kegiatan berenang ini secara teraturdan hindari berenang didalam air kaporit karena air kaporit dapat memicu serangan asma kambuh.

3. Yoga

Pengidap asma sangat disarankan untuk melakukan latihan pernapasan, karena, dapat mengaktifkan fungsi kerja pada paru-paru.Salah satu latihan pernapasan yang cocok untuk penyidap asma adalah yoga.Latihan yoga dapat mengurangi pengidap asma tidak ketergantungan kepada obat asma kareana, latihan ini dapat mengatur pernapasan anda dengan baik.Lakukanlah latihan ini selama dua setengah jam dalam seminggu untuk mencegah penyakit asma anda kambuh.

4. Senam Aerobik

Senam aerobik biasanya dilakukan dengan menggunakan gerakan-gerakan yang ringan sehingga, cocok oleh pengidap asma.Latihan ini dapat memberi manfaat meningkatkan stamina pada tubuh dan dapat melancarkan pernapasan.Kegiatan ini dilakukan dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pendinginan setelah selesai. Lakukanlah kegiatan ini secara bertahap mulai dari 20 menit pertama, kemudian 40 menit sampai dengan 60 menit.

5. Golf

Golf merupakfan salah satu olahraga yang dilakukan dengan cara mengayunkan tangan lalu berjalan ke tee berikutnya. Olahraga ini ternyata bermanfaat dalam mengurangi gejala asma anda.Olahraga ini mudah dilakukan dan tidak berat bagi pengidap asma.Namun demikian, bagi anda yang memiliki alergi terhadap serbuk sari tidak disarankan dalam melakukan kegiatan ini.

6. Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan.Selain itu, bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti, melatih kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.Bersepeda yang dilakukan secara santai dapat mengatur pernapasana pada pengidap asma.Namun demikian, hindari melakukan kegiatan ini secara berlebihan karena dapat memicu asma anda kambuh.

Nah, itulah rekomendasi olahraga bagi pengidap asma.Silahkan mencoba karena olahraga yang baik memiliki banyak manfaat bagi pengidap asma seperti, meningkatkan daya tahan, mengurangi peradangan, meningkatkan kapasitas paru-paru, memperkuat otot dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.Sebelum anda mencoba olahraga tersebut pastikan menggunakan obat  asma sebelum berolahraga. Konsultasilah ke dokter untuk menentukan jenis olahraga apa yang tepat untuk anda. 

Komentar