6/recent/ticker-posts

Manfaat Jogging di Pagi Hari

Manfaat Jogging di Pagi Hari

Pagi merupakan salah satu waktu yang banyak dipergunakan oleh banyak orang untuk beraktivitas, salah satunya adalah berolahraga. Banyak masyarakat melakukan olahraga pagi seperti vokalis ex yovie, dikta.

Olahraga sendiri memang menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat, meningkatkan kebugaran jasmani, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ada begitu banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dipagi hari, salah satunya adalah dengan melakukan jogging.

Pada dasarnya jogging memang tak hanya dapat dilakukan dipagi hari, namun sore hari juga menjadi pilihan waktu bagi orang untuk melakukan olahraga yang satu ini. 

Nah, pasti sebagian dari kalian saat melakukkan olahraga jogging suka sambil mendengarkan lagu santai & rileks, ada rekomendasi lagu nih yang bisa kalian dengarkan saat jogging, misalnya lagu dari Setia Band - Cinta Tak Harus Memiliki.

Akan tetapi perlu kalian ketahui bahwa ternyat melakukan jogging dipagi hari memiliki banyak manfaat loh, penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Jogging di Pagi Hari

Manfaat Jogging di Pagi Hari

1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan ketika rutin melakukan jogging dipagi hari adalah dapat membantu menjaga ketahanan daya tahan tubuh.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat banyak melakukan jogging dapat memicu pertumbuhan sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel imun itu sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari penyakit.

2. Membuat tidur lebih berkualitas

Tak hanya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, ternyata rutin melakukan jogging juga dapat membantu membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Untuk itu, bagi kamu yang merupakan penderita insomnia, ada baiknya jika kalian rutin melakukan jogging di pagi hari, hal ini sejalan dengan sebuah hasil penelitian yang mengatakan bahwa lari pagi dapat membuat kamu tertidur 17 menit lebih awal.

3. Menambah energi tubuh

Manfaat berikutnya yang akan kamu peroleh ketika rutin melakukan jogging dipagi hari adalah dapat menambah asupan energi yang ada di dalam tubuh.

Hal ini disebabkan karena ketika kamu berlari dipagi hari, udara akan menjadi lebih serta serta kaya akan kandungan oksigen, hal inilah yang akan memicu membangkitkan kinerja organ kembali. Saat itulah, tubuh akan mendapatkan energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Mencegah risiko diabetes

Rutin melakukan jogging dipagi hari tak hanya akan membuat energi dalam tubuh terpenuhi, melainkan juga dapat memperkecil resiko terjadinya diabetes.

Kita semua tahu bahwa penumpukan lemak jahat ditubuh secara terus menerus akan memicu timbulnya sebuah penyakit diabetes mellitus.

Untuk itu diperlukan sebuah pergerakan yang dapat mengontrol penumpukan lemak dalam tubuh tersebut, salah satunya dengan melakukan jogging di pagi hari. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa jogging dapat mengurangi resiko  diabetes sebanyak 5%

5. Melancarkan pencernaan

Selain dapat mengurangi resiko terkenal penyakit diabetes, ternyata jogging di pagi hari juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, lho.

Hal ini disebabkan karena ketika kamu melakukan jogging, otot perut juga akan ikut bergerak dan dapat memicu pergerakan pada usus. Sebagai hasilnya, proses buang air besar mencari lebih lancar tanpa perlu konsumsi obat kimia.

6. Membuat tulang lebih kuat dan sehat

Manfaat berikutnya yang akan kamu dapatkan ketika banyak rutin melakukan jogging dipagi hari adalah dapat menjadikan tulang menjadi lebih kuat dan juga sehat.

Pada dasarnya, menyehatkan tulang tak hanya dilakukan dengan banyak mengonsumsi vitamin D dan juga kalsium, melainkan juga dengan banyak melakukan olahraga, seperti melakukan jogging di pagi hari.

7. Memelihara kesehatan pernapasan

Selain itu, ketika kamu rutin melakukan jogging dipagi hari, secara tidak langsung sistem pernafasan kamu akan lebih terjaga.

Hal ini disebabkan karena udara dipagi hari lebih sehat dan banyak mengandung kandungan O2 (oksigen) yang sangat baik untuk paru-paru.

Selain banyak mengandung oksigen, udara dipagi hari juga lebih bersih dan suasanya yang tenang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Posting Komentar

0 Komentar