Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

Bahayakah Jika Sering Membunyikan Jari

 


Ketika kita membunyikan jari tangan kita, mungkin akan terasa melegakan, tetapi apakah itu bisa memeberikan efek ke tubuh kita.

Mungkin anda sering membunyikan jari tangan anda untuk menghilangkan rasa pegal. Selain ingin menghilangkan rasa pegal, dengan membunyikan jari tangan juga bisa mengurangi rasa gugup jika anda ingin melakukan sesuatu.

Jika kita membunyikan jari tangan yang pegal, kita merasa membuat lebih banyak ruang pada persendian dan hal ini dapat mengurangi ketegangan.

Jika kita membunyikan jari tangan mungkin akan menghasilkan perasaan melegakan, tetapi faktanya tidak ada perubahan apa-apa setelah kita membunyikan jari tangan.

Kenapa Jari Bisa Berbunyi

Diantara sendi di tangan manusia terdapat gelembung yang berisi udara, gelembung inilah yang akan pecah dan menghasilkan bunyi krek jika kita membunyikan tangan.

Ini mirip seperti saat meniup balon, lalu menekan balon tersebut sampai pecah.

Jika kita sudah membunyikan jari, kita tidak dapat langsung membunyikannya lagi. Ini karena gelembung udara yang ada dalam cairan sendi akan membutuhkan waktu untuk terbentuk dan menumpuk lagi.

Bahaya Jika Sering Membunyikan Jari

Mungkin jika kita membunyikan tangan di dekat orang tua, mereka akan langsung melarangnya dan mengatakan kita akan terkena radang sendi jika melakukan itu.

Namun menurut sebuah penelitian di Swiss Medical Journal, tidak ada bukti bahwa gertakan jari menyebabkan radang sendi atau radang sendi.

Sebuah studi dalam Swiss Medical Journal menghasilkan bahwa tidak ada bukti ketika kita membunyikan tangan akan menyebabkan arthritis atau radang sendi.


Hasil yang sama juga terdapat dalam jurnal penelitian Arthritis & Rheumatology. Dalam penelitian ini, dokter diminta untuk menjentikkan jari kiri mereka setidaknya dua kali sehari selama 50 tahun. Tetapi mereka tidak melakukan hal yang sama dengan jari tangan kanannya.

Setelah menyelesaikan percobaan, ia menemukan bahwa sendi di tangan kirinya tidak berbeda dengan yang di kanannya. Kedua tangan tidak menunjukkan gejala radang sendi. Kesimpulan serupa dicapai dalam hasil penelitian yang melibatkan 28 orang.

Donald Anger, seorang pria asal California membuktikan bahwa membunyikan jari tangan tidak lah berbahaya.  Ia melakukan  percobaan ini pada dirinya sendiri.

Dia membunyikan jarinya setidaknya dua kali sehari,  tetapi tidak dengan jari dari tangan kanan. Hal ini dilakukan agar dia bisa membandingkan hasil  kedua tangannya. Hal ini ia lakukan selama kurang lebih 60 tahun. Sampai akhirnya dia membuktikan bahwa dia tidak mengalami adanya tanda-tanda arthritis.

Meskipun banyak studi yang menentang bahaya membunyikan jari, namun jika dilakukan terlalu sering mungkin akan menyebabkan dislokasi tendon dan cedera. Namun, jarang sekali terjadi kasus seperti ini.

Mungkin tidak akan terlalu berbahaya jika kita membunnyikan jari. Namun, jika kekuatan yang digunakan terlalu besar atau teknik yang salah ketika membunyikan jari dapat menyebabkan cedera.

Komentar