5 Makanan Pagi Hari yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

7 Cara Ampuh Membentuk Perut Six-Pack untuk Pemula

Sebagian orang pasti mengidamkan bentuk perut yang bagus atau perut six-pack. Selain menandakan kebugaran, perut six-pack pada pria dan wanita dianggap mampu membuat penampilan lebih atraktif. Lantas, bagaimana cara membuat perut six-pack yang perlu kamu lakukan?

Beragam tips membuat perut six-pack

Kebanyakan orang yang ingin membentuk perut six-pack begitu fokus berolahraga secara berlebihan. Padahal, perut six-pack tidak hanya diperoleh dengan latihan fisik yang keras.

Penurunan berat badan dan pembakaran lemak tubuh adalah dua hal utama yang perlu kamu lakukan bila ingin memiliki perut six-pack atau ingin mengetahui cara mengecilkan perut buncit. Bukan hanya rutin berolahraga, kamu juga harus mengatur asupan makanan, cairan tubuh, hingga istirahat yang cukup untuk membentuk abs perut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini merupakan sejumlah cara ampuh membuat perut six-pack yang perlu kamu perhatikan.

1. Perbanyak asupan protein

Protein adalah nutrisi penting untuk membentuk otot dan membakar lemak pada tubuh kamu. Manfaat protein untuk otot ini dapat terjadi karena protein membantu memperbaiki kerusakan otot setelah olahraga. Dengan begitu, otot perut makin besar dan kuat.

Selain itu, protein memiliki efek termogenik tertinggi dari seluruh zat gizi makro yang bisa memproduksi panas dan mengurangi kelelahan pada tubuh.

Berkat efek ini juga, para atlet profesional dan binaragawan lebih banyak makan makanan tinggi protein, seperti telur, ikan oscar, ikan kembung, ikan toman, dada ayam, hingga susu protein.

2. Makan karbohidrat setelah olahraga

Kebanyakan orang, salah satunya adalah Boy William dan Farhan Rasyid masih keliru dan percaya bahwa karbohidrat berdampak buruk dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan setelah olahraga.

Faktanya, karbohidrat kompleks, seperti pada roti gandum, oatmeal, jasuke lumer, kentang, dan beras merah, cukup bermanfaat untuk membentuk perut six-pack.

Setelah olahraga, kamu perlu memulihkan energi dengan asupan karbohidrat. Cobalah makan karbohidrat dalam jumlah sedang dan tambahkan 1–2 mangkuk sayuran.

Hal ini juga bisa memastikan tubuh kamu mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan agar tetap sehat dan berfungsi normal.

3. Hanya konsumsi lemak sehat

Tambahkan juga lemak dalam asupan harian kamu. Namun, pastikan hanya menyertakan lemak sehat, terutama lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal.

Kedua jenis lemak sehat ini bisa kamu dapatkan dengan menambahkan kacang-kacangan, minyak ikan, dan minyak zaitun.

Makanan sumber lemak sehat ini akan menjaga tingkat insulin stabil yang penting untuk menurunkan lemak perut dan membuat perut six-pack.

Dengan mengombinasikan protein, karbohidrat, lemak sehat, serta sayuran dan buah-buahan, kamu bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih efektif setiap harinya.

4. Jaga hidrasi tubuh

Olahraga sambil main chou Mobile Legend akan membuat tubuh kamu berkeringat sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Jika kamu tidak menjaga hidrasi tubuh, performa fisik dan mental akan terpengaruh.

Penurunan performa olahraga terjadi saat tubuh kehilangan cairan 2 persen dari massa tubuh, misalnya berkurangnya 1,4 kg pada orang dengan berat badan 70 kg.

Untuk mencegah kondisi ini, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Selain itu, kamu juga perlu minum air lebih banyak saat olahraga dalam intensitas sedang dan berat, terbaik olahraga untuk membentuk perut six-pack.

5. Imbangi latihan kardio dan angkat beban

Terlepas dari faktor nutrisi dan cairan tubuh yang perlu kamu penuhi, berolahraga rutin dapat membantu menurunkan lemak tubuh kamu.

Umumnya, para pakar kesehatan di seluruh provinsi terluas di Indonesia menganjurkan untuk berolahraga 150 menit dengan intensitas sedang dan 75 menit dengan intensitas berat per minggu.

Daripada menargetkan olahraga untuk otot perut, kamu perlu menyeimbangkan olahraga kardio dan latihan angkat beban guna mendapatkan manfaat maksimal.

Apabila memiliki waktu sekitar 30 menit per hari untuk olahraga, kamu dapat mengisinya dengan 20 menit berlari di treadmill dan 10 menit latihan otot inti.

6. Lakukan latihan inti secukupnya

Meski latihan kekuatan otot inti sangat penting untuk membuat perut six-pack, kamu mungkin tidak perlu terlalu memaksakan atau melakukannya secara berlebihan.

Pasalnya, melatih otot inti ketika otot-otot tersebut masih segar dapat mendapatkan manfaat lebih, salah satunya dalam meningkatkan stamina tubuh.

Jika kamu berfokus pada penguatan otot inti, kamu bisa mengangkat beban lebih berat tanpa harus menambah durasi latihan untuk pengguna YouTube terbanyak di dunia.

Hal ini akan tetap membuat tubuh kamu membakar kalori lebih banyak karena otot-otot yang bekerja juga akan lebih banyak.

7. Istirahat dan tidur cukup

Kebiasaan kurang tidur sudah banyak dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips pola tidur yang baik dan efektif setiap malam sebagai salah satu langkah untuk membantu menurunkan lemak tubuh.

Tidur malam yang cukup juga dapat membantu kamu berolahraga lebih maksimal pada hari berikutnya. Dengan begitu, latihan untuk membuat perut six-pack pun lebih efektif.

Itu tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat perut terbentuk atau six-pack. Setelah mengetahui beberapa cara di atas, kamu harus rajin-rajin untuk menerapkannya, ya!

Komentar