Wajib Tahu! Manfaat Skipping untuk Tubuh

Manfaat Olahraga Panjat Tebing Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Olahraga Panjat Tebing Untuk Kesehatan Mental

Apakah kamu merupakan salah satu pecinta olahraga panjat tebing? Seperti yang kita ketahui bahwa panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan adrenali yang cukup tinggi.

Pada dasarnya, olahraga panjat tebing ini dapat dilakukan di dalam maupun luar ruangan, sesuai dengan yang kamu sukai teman-teman. Perlu kamu ketahui bahwa rutin melakukan kegiatan ini dapat membantu menyehatkan mental.

Lantas, apa sih sebenarnya manfaat melakukan olahraga panjat tebing untuk kesehatan mental? Sudah tahu belum? daripada penasaran yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Manfaat Olahraga Panjat Tebing Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Olahraga Panjat Tebing Untuk Kesehatan Mental

1. Mengatasi Gejala Depresi

Mengutip studi dari Universitas Erlangen-Nuremberg, seseorang yang mengidap depresi melakukan panjat tebing bouldering selama sekali seminggu dalam 8 minggu. Hasilnya, terlihat adanya efek positif dalam pengobatan depresi. Meski begitu, penelitian lebih lanjut mungkin perlu dilakukan.

2. Mengurangi Kecemasan

Panjat tebing juga telah diteliti untuk memberikan manfaat psikofisik, salah satunya adalah pengurangan kecemasan. Menurut jurnal  Perceptual and Motor Skills, tes kecemasan dilakukan sebelum dan setelah 3 bulan  panjat tebing. Hasilnya, kecemasan berkurang secara signifikan  dibandingkan dengan olahraga.

3. Mampu Mengurangi Stres

Latihan ini juga dipercaya dapat mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespon stres. Diketahui bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi neuromodulator norepinefrin, yang membantu otak mengatasi stres secara efektif.

Aktivitas fisik ini juga dapat meningkatkan hubungan tubuh antara sistem kardiovaskular, sistem ginjal, sistem otot, dan sistem saraf pusat. Dengan cara ini, reaksi tubuh terhadap stres lebih baik.

4. Mengatasi Rasa Takut

Jika Anda memiliki keberanian untuk memanjat tebing, rasa takut Anda dapat dikendalikan. Jika Anda bisa  mengendalikan rasa takut, respons tubuh mungkin lebih baik. Dengan demikian, semua perasaan takut dapat diminimalisir, yang berdampak baik bagi kesehatan mental.

5. Meningkatkan Kesabaran

Ingatlah bahwa panjat tebing dapat membangun daya tahan. Karena olahraga ini rawan kecelakaan dan Anda harus mencobanya selagi bisa. Selain itu, selalu lebih sulit untuk memanjat batu.

Itulah mengapa penting untuk memiliki kesabaran dan keinginan untuk terus berusaha. Perasaan ini juga dapat ditransfer ke kehidupan sehari-hari, menjadi sosok manusia.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat lainnya dari panjat tebing adalah mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Sebab, aktivitas fisik ini dapat memberikan suatu pencapaian, termasuk untuk diri sendiri.

Contohnya, saat seseorang menyelesaikan pendakian yang di luar kemampuannya, tentu hal tersebut adalah prestasi untuk diri sendiri. Dengan begitu, rasa percaya dirinya dapat meningkat.

7. Membuat Gangguan Emosional Lebih Baik

Olahraga ini dapat membuat seseorang mengendalikan emosinya dengan lebih baik, terutama bagi orang-orang dengan emosi yang intens.

Sebuah studi menemukan bahwa panjat tebing secara signifikan meningkatkan emosi positif dan mengurangi depresi. Bahkan, hasilnya jauh lebih baik daripada sesi santai.

Oleh karena itu, penderita gangguan emosi seperti gangguan bipolar disarankan untuk melakukan latihan ini secara teratur. Akhirnya, emosi internal dapat dikendalikan dengan lebih baik.

Ini adalah beberapa manfaat kesehatan mental dari panjat tebing. Jika Anda bergumul dengan depresi atau gangguan emosi, tidak ada salahnya mencoba aktivitas fisik ini. Ini umumnya meningkatkan suasana hati.

Komentar