Wajib Tahu! Manfaat Skipping untuk Tubuh

5 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang banyak penggemarnya. Sepeda telah dimiliki di berbagai kalanagan. Yang pertama kalangan anak muda yang suka berolahraga dengan bersepeda. Berikut penjelasan mengenai manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Bersepeda merupakan opsi low-impact exercise, yaitu jenis olahraga yang umumnya direkomendasikan untuk orang yang baru memulai olahraga, orang yang mengalami obesitas, atau rentan mengalami cedera.

Olahraga ini mudah untuk dilakukan dan tidak mudah terkena risiko cedera. Jika selama ini sudah sering atau baru mulai berolahraga, hanya perlu mengetahui apa saja manfaat bersepeda untuk kebugaran jasmani seperti berikut ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Bersepeda sama halnya dengan olahraga kardio yang mampu merangsang dan memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Bersepeda juga bermanfaat menguatkan otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah.

Mencantumkan kegiatan bersepeda ke dalam jadwal olahraga harian bisa membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika telah mengalami hipertensi, hindari makanan bagi penderita hipertensi

Beberapa studi mengemukakan bahwa berolahraga dengan intensitas tertentu dapat memperbaiki hipertensi.

2. Mengendalikan Berat Badan

Bersepeda bisa mengendalikan atau menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu meningkatkan system metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

Agar mendapatkan hasil yang efektif, pastikan pengeluaran energi lebih banyak daripada asupan. Untuk menurunkan berat badan, cukup hanya mengkombinasikan bersepeda dengan pola makan sehat dan seimbang.

Banyaknya kalori terbakar saat bersepeda akan bergantung pada durasi, jarak, dan kecepatan saat bersepeda.

3. Mengurangi risiko kanker

Jika mempertahankan asupan makanan sehat dan seimbang, disertai bersepeda secara teratur, kedua hal tersebut akan membantu dalam mengurangi risiko kanker.

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru dan kanker kolorektal.

Sementara bagi penderita kanker dalam masa pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi

Menjaga postur tubuh tegak selama bersepeda dapat membantu meningkatkan kekuatan, keseimbang, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan.

Keseimbangan yang meningkat sebagai salah satu manfaat bersepeda bisa mencegah risiko jatuh dan patah tulang.

Meskipun tidak secara langsung mengurangi risiko, bersepeda adalah bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoarthritis. Pasalnya, manfaat bersepeda bisa memberikan tekanan sedikit kepada persendian.

5. Memperbaiki gangguan kesehatan mental

Manfaat bersepeda dan aktivitas fisik lainnya bisa membantu tubuh menghasilkan lebih banyak hormon dopamin.

Hormon dopamin berfungsi meningkatkan rasa bahagia sehingga bisa meredakan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan yang dialami.

Sebuah studi menyebutkan pesepeda lebih sedikit mengalami gangguan kesehatan mental dibanding olahraga lain, seperti senam aerobik atau gym, termasuk pada mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali.


Komentar