6/recent/ticker-posts

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Oahraga, Pulihkan Stamina

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Oahraga, Pulihkan Stamina

Kita semua pasti sudah tahu dong bahwa olahraga menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan kita karena dapat menjaga tubuh tetap sehat, menjaga kebugaran jasmani, dan terhindar dari beragam penyakit yang mungkin saja mengintai.

Keberhasilan olahraga juga tak luput dari yang namanya asupan gizi. Mengonsumsi makanan yang tepat sehabis melakukan olahraga tak hanya bertujuan dalam memulihkan energi, melainkan juga untuk membangun otot dan mempersiapkan tubuh guna olahraga berikutnya. Sembari kamu juga dapat mendengar & mencoba lirik dan chord lagu setia band.

Lantas, sudah tahu belum jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi setelah selesai melakukan olahraga? Penasaran apa saja? yuk simak saja penjelasan berikut ini.

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Oahraga, Pulihkan Stamina

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Oahraga, Pulihkan Stamina

1. Greek yogurt

Berbeda dengan yogurt pada umumnya,  Greek yogurt memiliki kandungan gula yang lebih rendah, sehingga memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Selain itu, yogurt jenis  ini juga memiliki kandungan protein dua kali lipat dari yogurt biasa. Susu fermentasi  ini juga memberikan nutrisi lain seperti karbohidrat. Yoghurt Yunani juga terasa enak bila dicampur dengan buah atau kacang-kacangan seperti beri, pisang, kiwi, atau  almond.

2. Buah-buahan

Jika Anda tidak memiliki yogurt di rumah, Anda bisa makan buah-buahan seperti nanas, beri, dan kiwi. Selain kaya akan vitamin, buah-buahan juga mudah dicerna. Buah-buahan juga mengandung gula alami yang membantu memecah asam amino dan mencegah peradangan  otot.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa karbohidrat dalam  pisang dapat membantu tubuh menyerap dan menggunakan protein dengan lebih baik. Hasilnya, otot-otot di tubuh Anda  lebih cepat pulih, terutama setelah melakukan aktivitas ketahanan seperti angkat beban atau  HIIT.

3. Oatmeal

Jika Anda lebih suka berolahraga di malam hari, oatmeal bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk memulihkan energi dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Selain menjadi sumber karbohidrat kompleks, oatmeal mengandung melatonin yang tinggi, juga dikenal sebagai hormon tidur. Melatonin meningkatkan kualitas tidur. Campurkan oatmeal dan susu dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Kemudian masak dengan api sedang selama beberapa menit dan sajikan dengan beri, pisang, atau madu.

4. Roti gandum utuh

Tidak semua roti cocok dimakan setelah latihan. Secara umum, roti gandum banyak dipilih karena mengandung karbohidrat kompleks dan kaya nutrisi. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Ini juga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Olahan roti gandum yang diisi dengan telur dan sayuran hijau seperti selada atau mentimun cukup mudah dibuat setelah berolahraga. Anda juga bisa mengganti telur dengan ayam, sapi atau sumber protein lain sesuai selera Anda.

5. Sereal gandum utuh

Selain dalam bentuk roti, gandum juga bisa ditemukan dalam bentuk sereal kemasan. Anda biasanya bisa mendapatkan makanan praktis ini setelah berolahraga di toko serba ada terdekat. Untuk mengolahnya,  cukup campurkan susu dengan sereal favorit Anda. Tambahkan juga topping seperti almond untuk menambah nutrisi. Makan biji-bijian tidak membuang-buang waktu. Hal ini tentu efektif dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang setelah berolahraga.

6. Telur rebus

Makanan setelah berolahraga seperti telur rebus juga memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama karena kandungan proteinnya. Protein telur ditemukan di bagian putih dan kuningnya, jadi lebih baik makan kedua bagian telur ini. Menurut sebuah penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition, makan telur utuh  merangsang pertumbuhan dan perbaikan otot  lebih baik daripada hanya makan putih telur. Ini karena kuning telur juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam folat, zat besi dan seng.

7. Dada ayam panggang

Daging ayam, terutama daging dada, bisa menjadi pilihan diet sehat selain telur. Dada ayam panggang adalah salah satu makanan terbaik setelah berolahraga. Agar lebih bergizi, Anda bisa menambahkan sayuran panggang dan nasi merah saat mengonsumsinya. Anda mendapatkan protein dari ayam. Beras merah dan sayuran memberikan nutrisi penting lainnya seperti karbohidrat, vitamin dan serat.

8. Ubi jalar

Beberapa orang mungkin mengalami kram otot setelah berolahraga. Dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit dianggap sebagai penyebab kram otot yang tiba-tiba. Selain mendapatkan cukup air, makan ubi jalar setelah berolahraga dapat mencegah ketidakseimbangan elektrolit yang menyebabkan kram. Ubi jalar adalah sumber mineral potasium yang baik. Kalium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaga sistem saraf.

9. Alpukat

Alpukat memiliki beberapa khasiat, salah satunya mengandung lemak sehat. Konten ini bagus untuk mereka yang ingin berlatih. Lemak sehat dalam alpukat tidak secara langsung menggantikan energi tubuh, tetapi dapat menggantikan cadangan energi tubuh yang hilang setelah berolahraga. Uniknya, berbagai makanan bisa dibuat dari buah ini, misalnya dicampur dengan yogurt dalam smoothies atau sebagai isian roti utuh.

Posting Komentar

0 Komentar