Bahayakah Berolahraga dengan Perut Kosong Untuk Turunkan Berat Badan

4 Gerakan Push Up Ini Aman Dilakukan Oleh Kaum Wanita

Olahraga merupakan salah hal yang penting untuk dilakukan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga kuat.

Dari banyaknya jenis olahraga yang ada, push-up merupaka salah satu olahraga yang cukup digemari dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya gerakan push-up merupakan sebuah gerakan olahraga yang hampir melibatkan semua anggota tubuh, khusunya pada bagian atas.

Olahraga push-up bertujuan untuk membakar semua kalori yang ada di dalam tubuh dan juga dapat mengencangkan otot.

Pada umunya gerakan push-up ini banyak dilakukan oleh kalangan para pria, namun, para wanita juga boleh menjalani olah raga ini.

Terdapat 4 jenis gerakan push-up yang dapat kalian lakukan buat para wanita, penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Wall push up

4 Gerakan Push Up Ini Aman Dilakukan Oleh Kaum Wanita

Jenis push-up pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan gerakan Wall push up yang cukup ringan jika dilakukan oleh para kaum wanita.

Gerakan Wall push up ini akan membantu menguatkan otot bagian atas kalian secara perlahan. Caranya kalian hanya perlu memilih tembok yang tidak memiliki penghalang, seperti lukisan atau pajangan lainnya.

Cara melakukannya :

  • Berdiri di depan dinding dengan tegak.
  • Tempatkan telapak tangan pada tembok didepan kalian yang sejajar dengan setinggi bahu kalian. Setelah itu, kaliamn juga harus memposisikan kedua kaki kalian secara lurus kebawah dan juga merapat, namun tetap berikan jarak ya, agar kalian dapat berdiri dengan tempok.
  • Pastikan posisi tubuh tetap dalam kedaan yang rata seperti papan, jangan membungkuk, khususnya pada bagian pinggul dan juga lutut.
  • Jika posisi badan dalam keadaan yang sudah tegap dan juga lurus, maka kalian dapat menekuk bagian siku dan dekatkan bagian dada kalian ke arah dinding.
  • Nah, ketika dada sudah hampir menyentuk posisi dinding, maka kalian dapat menekan telapak tangan kalian dan luruskan seperti pada posisi yang semula.

Kalian dapat melakukan gerakan ini secara berulang sebanyak 12-15 kali.

2. Bench push up

4 Gerakan Push Up Ini Aman Dilakukan Oleh Kaum Wanita

Jenis push-up berikutnya yang dapat kalian coba adalah Bench push up, yang memang merupakan jenis push up yang sedikit berat karena menggunakan media bangku.

Kalian dapat memanfaatkan sebuah bangku untuk menopang berat badan kalian karena gerakan ini akan membuat posisi kalian lebih horizontal dibandingkan saat melakukan wall push up.

Cara melakukan Bench push up:

  • Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan meletakkan tangan kalian pada tepian bangku dengan jarak selebar bahu, kemudian kalian dapat menyamakan posisi bahu dan juga pergelangan tangan.
  • Setelah itu, kalian dapat meluruskan kaki kedepan menjauhi posisi bangku agar tubuh kalian dapat membentuk posisi yang lurus.
  • Jika sudah siap, mulai tekuk siku, dan turunkan dada kalian ke arah tepi bangku. Jaga posisi siku tetap dekat pada badan Anda jangan jadi terbuka ke samping.
  • Nah, disaat posisi dada kalian sudah mulai menempel dengan sisi tepi pada bangku, maka kalian dapat memposisikan tubuh kembali seperti pada posisi awal.
  • Kalian dapat melakukan gerakan ini sebanyak 3 set gerakan, yang masing-masing setnya di ulangi sebanyak 8 kali.
  • Sebisa mungkin, kalian harus melakukan gerakan dengan teknik sesempurna mungkin, Tidak usah terburu-buru yang penting gerakan tekniknya tepat.

3. Knee push up

4 Gerakan Push Up Ini Aman Dilakukan Oleh Kaum Wanita

Jenis push-up berikutnya yang dapat dilakukan oleh para wanita adalah Knee push up yang akan memposiiskan gerakan tubuh menjadi lebi horizontal lagi, sehingga akan mirip dengan posisi push-up pada umumnya.

Cara melakukan gerakan Knee push up:

  • Pertama sekali, kalian dapat mempoisiskan diri kalian diatas matras deng posisi tubuh yang dapat mengarah ke materai.
  • Setelah itu, kalian dapat mengarahkan posisi telapak tangan pada bagian atas materai dengan posisi yang lurus dan memastikan jarak antara tangan kanan dan juga kiri berada di posisi yang sejajar dengan bagian bawah bahu.    
  • Nah, ketika posisi lutut sudah menempel pada permukaan matras, maka posisi punggung hingga lutut juga harus sejajar dengan baik ya.

4. Tradisional push up

4 Gerakan Push Up Ini Aman Dilakukan Oleh Kaum Wanita

Jenis push-up berikutnya yang dapat kalian lakukan adalah Tradisional push up. Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk melakukan gerakan ini.

  • Pertama, kalian harus memposisikan tubuh kalian mengarah ke matras yang sudah kalian lakukan
  • Kemudian, posisikan telapak tangan di atas matras dengan tangan lurus. Jarak tangan kanan dan kiri sejajar di bawah bahu.
  • Tempatkan ujung jari kaki menempel pada matras. Dari punggung hingga ujung kaki posisi tubuh harusnya lurus. Tahan otot perut kalian sebelum memulai gerakan push up.
  • Kemudian tekuk siku Anda dan turunkan dada ke arah matras. Jaga otot perut tetap kencang selama menurunkan tubuh ke matras.
  • Turunkan dada Anda hingga hampir menempel pada matras, sebelum hingga menempel, dorong siku Anda kembali lurus menjauhi matras.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak tiga set, dengan satu set 8 kali pengulangan.

Komentar