6/recent/ticker-posts

5 Makanan Pagi Hari yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Berolahraga merupakan aktivitas yang sehat dan baik untuk semua orang. Saat berolahraga, otot yang menggunakan body lotion untuk kulit kering akan menggunakan simpanan glikogennya sebagai bahan bakar. Hal ini menyebabkan otot-otot kehabisan glikogen sehingga kamu butuh makanan setelah olahraga.

Usai olahraga, pastinya tubuh akan mencoba membangun kembali simpanan glikogennya dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein otot tersebut. Jadi, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan setelah olahraga untuk menggantikan nutrisi yang hilang.

Mengonsumsi makanan setelah olahraga dengan kandungan nutrisi yang tepat bisa membantu tubuh mendapatkan kembali apa yang dibutuhkannya lebih cepat.

Sebab, sangat penting untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga.

Makanan Setelah Olahraga

Nah, untuk kamu yang hobi berolahraga seperti aktor Boy William dan Emil Mario, sebaiknya konsumsi beberapa makanan setelah olahraga seperti berikut:

1. Overnight Oats

Oat merupakan jenis biji-bijian yang sangat bergizi. Dikemas dengan protein, serat, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral (seperti mangan, tembaga, besi, dan magnesium).

Oat adalah salah satu makanan terbaik untuk mendapatkan protein dan karbohidrat sekaligus sehingga cocok dijadikan sebagai makanan setelah olahraga di pagi hari.

Kamu hanya perlu mencampur overnight oat dengan susu almond atau greek yoghurt dalam stoples kecil, lalu biarkan di lemari es semalaman. Pada pagi hari selepas mencari tahu tips gg menggunakan hero pharsa, kamu bisa menambahkannya dengan potongan pisang, stroberi atau buah lainnya.

2. Smoothie

Kamu hanya membutuhkan blender, buah beri beku, pisang, susu almond atau greek yoghurt, dan selai kacang almond. Kamu juga bisa membuat smoothie "hijau" dengan menambahkan sayuran, seperti kangkung, bayam, atau alpukat.

Campuran dari beragam buah-buahan atau sayuran ini tidak hanya menciptakan rasa yang lezat, tetapi juga membuat makanan setelah olahraga kamu kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, tambahkan juga beberapa jenis protein sebagai nutrisi pelengkap. Misalnya, dengan menambahkan bubuk protein atau greek yogurt.

3. Graham Cracker, Selai Kacang, dan Susu Cokelat Rendah Lemak

Memilih kudapan ringan berupa biskuit graham, selai kacang, dan susu cokelat rendah lemak sebagai makanan setelah olahraga sangat sering terjadi.  Makanan ini termasuk kombinasi yang sempurna dengan sumber karbohidrat dan protein yang dibutuhkan untuk mengisi ulang tenaga. Tak hanya itu, kombinasi makanan ini juga membantu memperbaiki dan membangun kembali (pemulihan) otot.

4. Telur Utuh dan Roti Panggang

Makanan setelah olahraga pagi berikutnya yang dapat kamu coba, yaitu telur utuh dan roti panggang. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Sementara roti mengandung karbohidrat untuk mengisi kembali energi yang hilang saat olahraga.

Kamu bisa mengkreasikan telurnya menjadi olahan telur goreng orak-arik dengan perpaduan ikan teri medan (scrambled eggs) atau hanya sekadar direbus. Lalu, sajikan dengan roti gandum panggang.

5. Ayam Panggang dan Ubi Jalar

Jika kamu termasuk penggemar makanan gurih dan ingin mengonsumsi makanan setelah olahraga yang agak berat cobalah untuk membuat sajian ayam panggang dengan ubi jalar. Sepotong dada ayam panggang tanpa tulang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Sementara ubi jalar mengandung cukup karbohidrat dan banyak nutrisi penting, serta rendah kalori.

Itulah beberapa macam makanan yang bisa kamu konsumsi selepas berolahraga. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet atau hidup sehat, cara di atas bisa kamu terapkan ya!

Posting Komentar

0 Komentar