6/recent/ticker-posts

Ingin Pinggang Kecil? Ini Cara Efektif yang Bisa Dilakukan

Memiliki ukuran pinggang kecil merupakan impian bagi sebagian orang. selain menunjang sisi penampilan, hal tersebut ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, sudah tahukah kamu bagaimana cara mengecilkan pinggang yang benar dan efekti?

Pada dasarnya, menghilangkan lemak di perut tidak cukup efektif jika hanya dilakukan melalui latihan perut semata. Meskipun gerakan tersebut mampu mengencangkan otot-otot di bagian perut, namun tanpa adanya penurunan berat badan secara keseluruhan, hal ini tidak akan cukup berpengaruh dalam mengecilkan ukuran pinggang.

Cara Mengecilkan Pinggang

Selain sebagai indikasi berat badan berlebih, ukuran pinggang kamu juga menunjukkan tingkat kadar lemak darah dalam tubuh. Normalnya, perempuan memiliki ukuran lingkar pinggang maksimak 89, sedangkan laki-laki maksinalnya iakah 101. Nah, jika kamu sedang mencari bagaimana cara mengecilkan pinggang agar bisa ukuran ideal tersebut, berikut ini cara efektif yang bisa kamu lakukan.

1. Gerakan Plank

Gerakan plank merupakan olahraga mengecilkan pinggang yang mampu melatih otot perut dan inti tubuh seperti bahu, punggung, serta pinggul agar semakin kuat. Untuk melakukannya, biasanya Kiara Mckenna akan menyiapkan matras atau alas lainnya yang nyaman dan cukup empuk bagi tangan maupun kaki kamu. Kemudian, mulai dengan posisi push-up dimana tangan berada di samping serta kaki dibuka selebar bahu.

Angkat tubuh menggunakan lengan bawah sehingga tubuh kamu berada sejajar dengan lantai. Lalu, tahan posisi tersebut selama mungkin sembari menstabilkan bagian inti tubuh lainnya. kamu juga bisa menekuk siku sehingga lengan membentuk sudut 90 derajat.

Dalam gerakan mengecilkan pinggang tersebut, Kamulah yang menopang berat badan sepenuhnya dengan bertumpu pada lengan dan ujung-ujung jari kaki. Lakukan latihan ini berulang kali dengan penambahan 30 detik, satu menit, atau bahkan lebih jika memang kamu mampu.

2. High Intensity Interval Training (HIIT)

Cara mengecilkan pinggang berikutnya adalah dengan High Intensity Interval Training atau disingkat HIIT. Ini merupakan jenis latihan kardiovaskular yang dikenal lebih efektif untuk bisnis bareng pacar dan mengecilkan pinggang dibanding latihan kardio tradisional lainnya. Bisa dibilang, HIIT adalah olahraga dengan intensitas tinggi namun dilakukan dalam waktu lebih singkat, misalkan seperti bersepeda, lari cepat atau sprint, plates, zumba, dan semacamnya.

Akan tetapi, HIIT bukan cuma sekadar melakukan aktivitas berat dengan durasi pendek. Latihan ini juga termasuk aktivitas intensitas ringan sebagai waktu pemulihan. Jadi setelah melakukan pemanasan, dilanjutkan gerakan inti, lalu beristirahat.

Misalkan, kamu bisa jogging selama 5 sampai 10 menit sebagai pemanasan. Kemudian, lakukan gerakan inti seperti lari cepat dalam 15 hingga 30 detik. Terakhir, istirahat dengan gerakan intensitas rendah seperti berjalan selama 60 sampai 90 detik. Terus lakukan latihan HIIT ini berulang secara rutin sebagai cara mengecilkan pinggang.

Penting untuk diketahui, HIIT mampu membantu mengurangi kalori dalam tubuh dengan jumlah lebih banyak. Pasalnya, setelah kamu selesai melakukan HIIT, metabolisme tubuh kamu akan meningkat dalam beberapa jam sehingga mampu meningkatkan energi setelah berolahraga, sama halnya dengan 6 hero tank terkuat di Mobile Legend.

3. Standing Oblique Crunch

Cara mengecilkan pinggang lainnya adalah Standing Oblique Crunch. Gerakan ini diketahui mampu membantu mengencangkan otot-otot pinggang hingga menjadi tampak lebih ramping dan kecil. Apalagi jika kamu mengalami sakit punggung atau sulit berbaring di lantai, Standing Oblique Crunch bisa jadi salah satu alternatif dari latihan sit up.

Adapun cara mengecilkan pinggang dengan Standing Oblique Crunch adalah sebagai berikut.

  • Mulai posisi berdiri dan gunakan beban sekitar 2 sampai 4,5 kg.
  • Lalu, stabilkan lengan kiri kamu dengan menyentuh kepala.
  • Di sisi lain, turunkan lengan kanan dengan perlaham sembari mempertahankan otot pinggang kamu tetap stabil.
  • Ketika kamu meregangkan tubuh ke lantai, pastikan pinggul kamu tidak bergerak sama sekali.
  • Ulangi gerakan mengecilkan pinggang satu ini beberapa kali, lalu ganti gerakan ke sisi lainnya.

4. Yoga

Tahukah kamu, yoga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan pinggang yang cukup efektif, lho. Dalam suatu studi pada wanita yang mengalami obesitas perut, program yoga secara intensif selama 12 minggu ternyata mampu meningkatkan kesehatan dengan signifikan serta mengecilkan ukuran lingkar pinggang.

Pasalnya, manfaat yoga bukan cuma sekadar membakar kalori di dalam tubuh kamu, namun sekaligus memperbaiki postur tubuh dengan menguatkan otot-otot inti tubuh. Bahkan, yoga juga membantu mengelola stres menjadi lebih baik. Maka dari itu, tak ada salahnya mencoba latihan ini sambil mendengarkan lirik lagu Aku Bukan Jodohnya - Tri Suaka untuk mendapat lingkar pinggang yang diinginkan.

5. Menjalankan Pola Makan Sehat

Cara mengecilkan pinggang yang terakhir adalah dengan menjalankan tips diet sehat yang aman untuk tubuh. Seperti disebutkan sebelumnya, kamu tidak bisa melakukan latihan otot perut saja untuk memperoleh ukuran lingkar pinggang normal, melainkan juga harus melakukan defisit kalori guna menghilangkan lemak berlebih.

Sehingga, makanan sehat yang kaya akan nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan sangat diperlukan sebagai langkah terbaik mengecilkan pinggang sekaligus menurunkan berat badan. Pilihlah makanan rendah glukosa dan tinggi serat. Hal ini ditujukan untuk mengurangi deposit lemak yang ditimbulkan oleh glukosa berlebih serta melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga cukup penting guna mengganti asupan protein bagi otot yang mengalami aktivitas berat. Jika memungkinkan, cobalah hindari mengonsumsi banyak makanan kemasan, gula, ataupun karbohidrat olahan untuk membantu mempercepat proses defisit kalori.

Perhatikan pula jumlah natrium yang kamu konsumsi, sebab asupan garam berlebih menyebabkan tubuh menahan air hingga menjadikan lingkar pinggang membengkak. Adapun makanan dengan kandungan lemak sehat yang bisa kamu masukkan dalam menu sehari-hari di antaranya yaitu alpukat, almond, ikan seperti ikan mas dan ikan arapaima, dan kacang mete.

Nah, itu dia sejumlah cara mengecilkan pinggang yang efektif untuk kamu terapkan. Perlu diketahui, untuk memperoleh hasil yang maksimak, kamu juga perlu mengkombinasikan beragam olahraga mengecilkan pinggang di atas dengan pola hidup sehat. Jangan lupa juga untuk memberikan jeda di rutinitas olahraga kamu, supaya tubuh tidak terforsir terlalu sering berolahraga, yang bisa jadi berdampak pada cedera.

Posting Komentar

0 Komentar